Caleg Padang Tempel Poster Kampanye di Pohon, Warga Kesal

"Seharusnya APK Caleg itu dipasang di tempat-tempat yang sesuai aturan"
Poster Caleg terpasang di pohon di salah satu ruas jalan raya Kota Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Warga di Jalan Sutan Syahrir Kota Padang mengesalkan praktek pemasangan poster kampanye oleh para Calon Anggota Legislatif yang ditemukan di sejumlah ruas jalan.

Pohon-pohon yang berada di pinggiran jalan tampak jadi sasaran oleh para peserta Pemilu 2019 ini sebagai tempat mengenalkan dirinya pada masyarakat.

Warga pun memprotes hal tersebut, bagi Hendra (28) warga di Jalan Sutan Syahrir, keberadaan poster Caleg itu merusak pemandangan.

"Menurut saya itu tidak baik, karena mengganggu pemandangan. seharusnya APK Caleg itu dipasang di tempat-tempat yang sesuai aturan," katanya.

Tidak hanya itu, ia juga mengaku geram terhadap Caleg yang membandel kendati sudah ditindak oleh aparat penegak Perda.

"Sekarang masih juga dipasang lagi, harusnya Satpol PP bisa bertindak tegas," ujarnya. SatpolPP memang memiliki kewenangan untuk menindak poster nakal tersebut.

Seperti diketahui, pemasangan poster kampanye di pohon itu melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 tahun 2018 tentang aturan kampanye.

Dalam aturan tersebut, yang diizinkan untuk kampanye dalam bentuk poster yang berkategori sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) hanya partai politik saja. Dalam peraturan itu juga dijelaskan bahwa zonasi pemasangan APK ditentukan oleh KPU.

[Halbert Chaniago]