Pemkab Pessel Pecah Disdikbud Jadi Dua OPD, Kerena Janji Presiden

"Rencana ini akan kita kaji terlebih dahulu, bagaimana antara pendidikan dan kebudayaan bisa jadi dua OPD. Mengingat Presiden Jokowi telah mengkhususkan angaran besar untuk kebudayaan"
Ilustrasi (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana akan memisahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menjadi dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru dalam lingkungan pemerintah setempat.

Hal ini, dikatakan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni setelah adanya janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menganggarkan dana khusus sebesar Rp5 triliun untuk kebudayaan tahun ini.

"Rencana ini akan kita kaji terlebih dahulu, bagaimana antara pendidikan dan kebudayaan bisa jadi dua OPD. Mengingat Presiden Jokowi telah mengkhususkan angaran besar untuk kebudayaan,"sebut Bupati Hendrajoni di Painan kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, saat ini keberadaan OPD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan belum berkembang jauh terhadap kebudayaan. Sebab, selain mengembangkan program kebudayaan, OPD ini juga harus pokus menjalankan program pendidikan.

"Jadi kalau bisa dipisahkan menjadi dua OPD, maka konsentrasi kebudayaan akan lebih terukur, dan begitu juga dalam program-program pendidikan yang ada," jelasnya.

Ia menganggap, jika ada satu OPD yang khusus dalam mengemban program kebudayaan di daerah itu, maka sering program kebudayaan akan bisa terlaksanakan dengan baik.

"Apalagi Pesisir Selatan memiliki banyak tradisi kebudayaan yang patut dikelola dengan baik. Maka jika adanya dinas kebudayaan maka kelestarian budaya akan terjamin lebih baik lagi," terangnya.

Lanjutnya, untuk mengawali rencana tersebut, Pemkab Pessel akan terlebih dahulu mempelajarinya. Sebab, jika telah terdiri dalam satu kedinasan maka harus butuh strategi yang lebih baik. (Kiki Julnasri)