Pelabuhan Panasahan Pessel Dikembangkan, Ada Puluhan Miliar dari APBN

"dari berbagai proses mulai daerah hingga pemerintah pusat saat ini terus berjalan. Bahkan, anggaran sebesar nilai Rp37 miliar dari APBN telah disiapkan tahun ini."
Pelabuhan Panasahan Painan (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan, jadi pelabuhan pengumpul setelah Teluk Bayur tahun ini.

Kepala Dinas Perhubungan Pesisir Selatan, Gunawan mengatakan, tahun 2019 ini, proses pengembangan Pelabuhan Panasahan Painan akan segera direalisasikan.

Menurutnya, dari berbagai proses mulai daerah hingga pemerintah pusat saat ini terus berjalan. Bahkan, anggaran sebesar nilai Rp37 miliar dari APBN telah disiapkan tahun ini.

"Sekarang hanya tinggal pembebasan lahan, saat ini sedang ditangani Perkimtan (Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan). Jika lahan sudah tuntas, maka review masterplant akan segera disiapkan," sebut Gunawan kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, pengembangan pelabuhan panasahan tahun ini, diantatanya diperkirakan mencapai panjang 70 meter dan lebar 50 meter, sebagai penambahan pelabuhan sebelumnya dengan total mencapai 13 hektare.

"Minggu depan kita akan rapat dengan provinsi. Setelah itu, kembali lagi ke kementerian (Kemenhub) untuk membahas segala sesuatunya yang akan kita siapkan sekarang,"jelasnya.

Dijelaskan lagi, dalam pengembangan tahun ini selain dermaga, Panasahan Painan juga akan dilengkapi penerangan jalan. Bahkan, uruk atau timbunan untuk pelataran tangki dan tempat pegudangan juga disiapkan untuk penyimpanan bongkar muat barang.

"Dulu kita hanya sebagai pelabuhan pengumpan. Setelah siap maka akan menjadi pelabuhan pengumpul sebagai penyanggah teluk bayur. Karena jalur Mentawai juga akan di buka di tempat kita,"ucapnya. (Kiki Julnasri)