Kapolres Berharap Polres Bukittinggi Naik Kelas Jadi Tipe A

"Saat ini proses kenaikan status Polres Bukittinggi masih diproses Mabes Polri "
Mapolres Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana berharap pada 2019 ini Polres Bukittinggi segera naik kelas menjadi Tipe A.

Hal ini kata Kapolres, akan sangat membantu masyarakat di wilayah hukum Polres Bukittinggi yang meliputi daerah Kota Bukittinggi dan Agam bagian timur.

"Jika naik tipe, personil kita bertambah. Dari awalnya 500 bisa menjadi 1.000-an. Tentu hal ini akan sangat membantu dalam melayani masyarakat dari berbagai masalah," sebut Kapolres, Kamis 11 Januari 2019.

Arly mengatakan, saat ini proses kenaikan status Polres Bukittinggi masih diproses Mabes Polri sehingga ia tak tahu kapan hal ini bisa terealiasasi.

"Tentu kita berharap hal ini bisa segera terwujud. Kalau pun iya, kita pun sudah ada lahan di Malalak, namun tentu kita ingin tetap di Kota (Bukittinggi)," ujar Kapolres Bukittinggi.

Menurut Kapolres, kebutuhan peningkatan status ini dirasa perlu demi tambahan jumlah personel, sebab kerawanan di wilayah Bukittinggi dan Agam terus meningkat.

Dalam dua tahun terakhir, jumlah kecelakaan lalu lintas maupun tingkat kriminal di wilayah hukum Polres Bukittinggi cenderung meningkat.

Tahun 2017, tercatat jumlah kecelakaan di Polres Bukittinggi sebesar 148 dengan korban meninggal dunia sebanyak 18 orang. Sementara pada 2018 jumlahnya meningkat menjadi 181 dengan korban jiwa sebanyak 39 orang.

Sementara, dari segi tindak pidana kriminal, 2017 terjadi sebanyak 791 kasus dan 2018 meningkat menjadi 811 kasus.

[Hatta Rizal]