Sekda Beberkan Penangkapan Kadisprasjal dan Tarkim Sumbar oleh KPK

Sekda Provinsi Sumbar. Ali Asmar
Sekda Provinsi Sumbar. Ali Asmar (KLIKPOSITIF/Joni)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) melakukan operasi penangkapan terhadap oknum pejabat di Sumbar dan seorang pengusaha.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar Ali Asmar membenarkan operasi itu. "Benar, saya dapat informasinya tadi pagi," ujar Ali di kantornya, Rabu, 29 Juni 2016.

baca juga: KPK Limpahkan Kasus OTT THR Pejabat Kemendikbud RI ke Polri, Ini Alasannya

Ia mengatakan informasi didapatkan dari istri pejabat yang ditangkap. Ali mengatakan pejabat yang diperiksa KPK itu adalah Kepala Dinas Prasarana Jalan Sumbar Suprapto.

baca juga: OTT Pejabat UNJ soal Pungli THR, Uang USD 1.200 dan Rp27,5 Juta Disita KPK

"Pemeriksaannya di Polda sampai subuh," ujarnya mengutip keterangan istri Suprapto. Ali mengaku terus mendapatkan laporan terkait pemeriksaan itu.

Setelah pemeriksaan di Polda, Suprapto dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Istrinya ikut ke Jakarta dengan pesawat berbeda," aku Ali.

baca juga: Kasus Korupsi Masjid dan Jembatan Bupati Solsel Segera Disidangkan

Ali mengatakan telah memberita tahu gubernur dan wakil gubernur terkait penangkapan ini. "Namun kita mesti menunggu dulu apakah statusnya tersangka atau saksi," ujarnya.

KPK semalam melakukan operasi tangkap tangan di tiga tempat terpisah, yakni Jakarta, Medan dan Padang. Dalam OTT ini KPK menangkap beberapa orang, salah satunya adalah I Putu Sudiartana anggota Komisi Hukum DPR RI.

baca juga: Kirim Surat Agar Jokowi Tak Naikan Iuran BPJS, KPK: Tak Ditanggapi

[Joni Abdul Kasir]

Penulis: Pundi F Akbar