Pengembangan KEK Mandeh Dilakukan Bersama Pemerintah Pusat

"upaya mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh saat ini telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat"
kawasan Mandeh, Pesisir Selatan (KLIKPOSITIF/Kiki)

PESSEL, KLIKPOSITIF-- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mematangkan persiapan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh bersama pemerintah pusat tahun ini.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan upaya mewujudkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh saat ini telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Bahkan, diantaranya persiapan lainnya langsung diselesaikan oleh kementerian.

"Khusus mengenai Amdal KEK Mandeh akan dituntaskan pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Dan khusus mengenai rencana induk pedoman pembangunan dan pengembangan tempat akan dituntaskan oleh Kementerian Pariwisata," sebut Hendrajoni kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, setelah semua tahapan persiapan sudah diselesaikan, maka akan dilaporkan ke Presiden. Jika semuanya persiapan sudah dianggap cukup maka pengembangan KEK akan bisa dilaksanakan.

"Mudah-mudahan dengan adanya campur tangan pejabat pusat KEK Mandeh segera terwujud. Dan kita sejauh ini sangat mendorong agar KEK Mandeh bisa terwujud," ujarnya.

Menurutnya, dalam mendorong percepatan KEK saat ini Pemkab Pessel melakukan gerak cepat, diantaranya dengan menyiapkan pembebasan lahan sekitar 420 hektar untuk KEK. Sebab, pengembangan KEK telah ditentukan dengan lahan yang luas.

"Pemerintah kabupaten tidak hanya menjadi penonton. Namun akan berupaya maksimal mewujudkan pembebasan tanah di lokasi," katanya.

Hendrajoni mengatakan, sesuai dengan persiapan yang dilalui saat ini, pihaknya akan terus mempromosikan kawasan KEK ke investor. Sebab, kemungkinan setelah semua persiapan siap dan matang akan dikelolah investor.

"Harapan kita, ketika semuanya selesai langsung ada pihak ketiga yang akan mengelolanya. Karena kita ini pengembangan KEK Mandeh harus jadi,"tutupnya.

Kiki Julnasri Priatama