Selama 2018, Pekat-IB Pasbar dan MRPB Peduli Salurkan Bantuan Rp726 Juta

"Sasaran bantuan itu diprioritaskan untuk warga miskin"
Kolaborasi kemanusiaan untuk membantu masyarakat kurang mampu (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sepanjang Tahun 2018 kolaborasi kemanusiaan antara Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Ormas Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Kabupaten Pasaman Barat dengan Mata Rakyat Pasaman Barat (MRPB) Peduli telah menyalurkan bantuan senilai Rp. 726.106.900.

"Dana bantuan itu bersumber dari para donasi tetap dan tidak tetap baik dari dalam daerah maupun di luar daerah. Bantuan yang diberikan para donatur itu berupa materi, sembako, alat sekolah dan pakaian," kata Ketua DPD Pekat-IB Pasaman Barat, Decky H Sahputra kepada KLIKPOSITIF, Sabtu 12 Januari 2019.

Lebih lanjut dijelaskan Decky, sasaran bantuan itu diprioritaskan untuk warga miskin. Bantuan itu berupa bantuan produktif dan bantuan konsumtif. Seperti bantuan pendampingan berobat, bantuan bedah rumah, bantuan modal usaha, beasiswa dan bantuan bencana.

"Untuk bantuan bencana kita tidak terfokus di kabupaten Pasaman Barat saja. Kita telah menyalurkan dana bantuan untuk masyarakat Palu, Lombok dan Selat Sunda. Begitu juga bantuan untuk ke luar negeri seperti Palestina, Rohingya, Suriah," jelas dia.

Konsekuensinya, hampir setiap hari ada saja masyarakat yang melaporkan temuan warga kurang mampu di kampung mereka yang butuh bantuan, terutama bantuan pengobatan.

"Namun untuk bantuan biaya berobat, bedah rumah, dan modal usaha kita prioritaskan untuk daerah Pasaman Barat. Akan tetapi untuk bantuan bencana alam maupun bencana kemanusiaan, kita membantu secara menyeluruh," ungkap nya.

Selain dana ini digalang oleh Kolaborakasi DPD Pekar-IB Pasbar dan MRPB Peduli, juga didukung oleh Laskar Mujahidin, Arisan Anak Yatim Terpadu (AAYT), PPS Bundo Kanduang, Ahsan dan World Human Care (WHC).

Selain itu, kerjasama juga dilakukan dengan Domput Dhuafa dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI). Namun untuk diketahui, seluruh kegiatan operasional baik di dalam daerah dan luar daerah dibebankan kepada pengurus dan ... Baca halaman selanjutnya