Pemkab Pessel Akan Kembangkan Jengkol Bareh dan Lokan

"Saat ini kita tengah mengejar sertifikasinya. Setelah dapat sertifikasi baru kita kembangkan"
Jengkol (Net)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat tengah meneliti sebuah varietas jengkol yang diklaim paling enak terdapat di daerah tersebut.

"Saat ini kita tengah mengejar sertifikasinya. Setelah dapat sertifikasi baru kita kembangkan," sebut Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Distanhorbun Pessel, Hamijon pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, dua varietas jengkol unggulan tersebut dinamakan bareh dan lokan. Hal itu diklaim enak, setelah ada hasil penelitian dari Balai Penelitian Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatera Barat tahun lalu.

Dari peneletian itu diketahui kadar amilosa dan kadar kapur yang terkandung pada daging jengkol jauh lebih unggul, jika dibanding dengan jenis jengkol lainnya yang ada di Indonesia.

Menurutnya, untuk produktivitas dua varietas jengkol tersebut saat ini paling banyak ditemukan di Kecamatan Pancungsoal. Di daerah ini bisa dikatakan, kecamatan paling banyak menghasilkan varietas tersebut.

"Tapi kalau kita ingin mengklaim ini, tentu kita harus mengejar legalitas terlebih dahulu," jelasnya.

Ia berharap, setelah adanya sertifikasi, varietas dua jengkol tersebut bisa dikembangkan.

"Tujuannya tentu untuk masyarakat kita juga, supaya bisa membudidayakan dan meraup pundi-pundi rupiah lebih banyak dari penjualannya jika dibandingkan saat ini," tutupnya.

(Kiki Julnasri)