Dinilai Berhasil Mengelola Lingkungan, Pemkab Pessel Terima Penghargaan dari KLHK

Perayaan penyambutan Adipura dalam kategori pengelola kota kecil bersih tahun 2017.
Perayaan penyambutan Adipura dalam kategori pengelola kota kecil bersih tahun 2017. (Ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali menerima anugerah Adipura sebagai daerah yang berhasil mengelola lingkungan dengan bersih dan sehat. Sebelumnya, Pessel juga meraih penghargaan yang sama tahun 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH),
Jumsu Trisno menyebutkan, anugerah tersebut merupakan, salah satu bukti nyata keseriusan Pemkab Pessel dalam menata lingkungan bersih dan sehat.

baca juga: Pasien Sembuh COVID di Pessel Bertambah Dua Orang, Total Jadi 15 Orang

"Sesuai undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penganugerahan dilaksanakan pada 14 Januari 2019," sebut Jumsu Trisno kepada KLIKPOSITIF , di Painan.

Dia menjelaskan, untuk penyerahan anugerah Adipura tahun ini, akan langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Anugerah Adipura merupakan kebanggaan tersendiri, karena sebelumnya pada Agustus 2017 Pesisir Selatan juga sudah menerimanya," terang Jumsu- panggilan Jumsu Trisno.

Menurutnya menata lingkungan dengan bersih dan sehat merupakan keharusan yang mesti terus diterapkan di Pesisir Selatan, karena daerah tersebut dikenal sebagai destinasi wisata.

baca juga: Hanyut di Bendungan Lesung Air, Seorang Remaja Pessel Ditemukan Meninggal

"Kita harus kembali meraih anugerah Adipura berikutnya, sebagai bentuk komitmen dalam menata kebersihan dan lingkungan di daerah kita. Karena hal ini adalah kebutuhan untuk kehidupan sehat," jelasnya.

Tahun 2017 lalu, Pesisir Selatan juga menerima Piala Adipura, sebagai pretasi yang membanggakan. Hal itu disambut suka cita oleh pejabat dan juga masyarakat Pesisir Selatan.

Saat itu, dengan kebanggan usai Bupati Hendrajoni membawanya dari Jakarta, piala itu juga diarak dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Kota Painan. Bahkan sesampainya di Painan, piala Adipura kembali diarak keliling Kota Painan dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

baca juga: Lama di Rumah Akibat Pandemi, Guru di Pessel Kembali Bertugas ke Sekolah

(Kiki Julnasri)

Penulis: Rezka Delpiera