Satu Rumah Gadang dan Dua Rumah Kayu Terbakar di Tanah Datar

"Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta"
Kebakaran di Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang, Tanah Datar (istimewa)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Tiga rumah kayu, satu diantaranya Rumah Gadang di Jorong Balai Tabuah, Nagari Tanjung, Kecamatan Sungayang, Kabupaten Tanah Datar hangus terbakar, Minggu 13 Januari 2019 sekitar pukul 11.00 WIB.

Kebakaran di dekat Masjid Raya Nagari Tanjung itu tak menyisakan bangunan Rumah Gadang yang dihuni Syopinah (60) dan rumah kayu milik Syahrial (54) dan Bakar (60). Tak ada korban jiwan dalam kejadian tersebut karena pemilik rumah dapat diselamatkan warga sekitar, namun kerugian materil diperkirakan ratusan juta rupiah.

Wali Nagari Tanjung, Faze Andrief mengatakan, belum mengetahui secara pasti sumber kebakaran. Dia mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap listrik, kompor, obat nyamuk bakar dan lainnya yang dapat menimbulkan bencana kebakaran.

"Seluruh korban untuk sementara dievakuasi dan tinggal di rumah keluarganya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran," katanya.

Sementara, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Tanah Datar, Yusnen mengatakan, tiga unit mobil pemadam kebakaran diturunkan dan dalam waktu yang tidak terlalu lama api berhasil dipadamkan. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polsek Sungayang.

"Belasan personil pemadam kebakaran dan SAR kita kerahkan untuk memadamkan api. Kita bersyukur api segera dapat dipadamkan dan tidak merembet ke rumah sekitarnya," katanya.

Pihaknya akan terus meningkatkan kesiapsiagaan personil pemadam kebakaran sehingga api dengan cepat dapat dipadamkan, karena bencana alam datang sewaktu-waktu. Ia meminta para korban kebakaran untuk sabar dan tabah menerima cobaan ini.

"Kepada masyarakat diminta tetap waspada terhadap benda yang mudah terbakar sehingga kebakaran dapat dihindari," tutup Kadis Damkar.

[Irfan Taufik]