Ini Kata Moeldoko Tentang Pentingnya Peristiwa Situjuah dalam Perjalanan Indonesia

"Menurutnya, peristiwa di Lurah Kincia, Situjuah Batua, Limapuluh Kota tersebut dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat seluruh Indonesia, khususnya di Sumbar dan Kabupaten Limapulu Kota sebagai anak bangsa"
Suasana upacara Peringatan Peristiwa Situjuah di Lapangan Chatib Sulaiman dan prosesi tabur bunga di Makam Pahlawan Situjuah, Lurah Kincia. (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Hadiri Peringatan Peristiwa Situjuah ke-70 tahun di Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota, Kepala Staf Kepresidenan RI Jendral (Purn) Moeldoko pimpin upacara di Lapangan Chatib Sulaiman, Situjuah, Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa 15 Januari 2019.

Moeldoko dalam sambutannya mengatakan Peristiwa Situjuah yang terjadi pada 15 Januari 1949 memiliki nilai yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, peristiwa di Lurah Kincia, Situjuah Batua, Limapuluh Kota tersebut dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat seluruh Indonesia, khususnya di Sumbar dan Kabupaten Limapulu Kota sebagai anak bangsa. Sehingga pelaksanaan peringatan ini tidak hanya sebagai sebuah acara seremonial yang tidak menghasilkan sesuatu atau bermakna.

"Peristiwa ini tentunya diharapkan dapat membakar semangat kita bersama agar sebagai warga negara kita nantinya dapat berkontribusi di bidang masing-masing. Apapun perjuangan kita dan dimana pun berada pasti memiliki nilai bagi bangsa ini," kata Jendral (Purn) Moeldoko dihadapan masyarakat yang hadir memadati kawasan Situjuah ini.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaika dua pesan kebangsaan yang patut direnungkan bersama, khususnya bagi orang Minang. Sebab ia yakin dengan adanya pesan ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi ke depannya.

"Pertama, orang Minang ikut menentukan perjalanan bangsa indonesia dalam sebuah perjalanan panjang untuk menuju merdeka seperti Peristiwa Situjuah ini. Kedua, dalam mengisi kemerdekaan ini, orang Minang juga harus ikut menentukan kejayaan bangsa Indonesia," kata Kepala Staf Kepresidenan RI yang hadir juga bersama Wakil Menteri ESDM RI Archandra Tahar dan Komisaris BRI Andrinof Chaniago.

Peringatan Peristiwa Situjuah ke-70 ini juga dihadiri oleh Kapolda Sumbar Irjenpol Fakhrizal, Aspotmar Danlantamal II Kolonel Mar Sumarto, dan Kasibintal Lanud Sutan Syahrir Padang Mayor Sus Firdaus. Kemudian juga ... Baca halaman selanjutnya