Mulai Minggu, Ruas Jalan Khatib Sulaiman untuk Car Free Day

Ruas Jalan Khatib Sulaiman.
Ruas Jalan Khatib Sulaiman. (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ruas jalan Khatib Sulaiman akan dimanfaatkan untuk kawasan Car Free Day (bebas kendaraan bermotor) setiap minggunya. Launching perdana akan dilakukan pada Minggu, 20 Januari 2019.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, penetapan kawasan car free day yang dimulai pada pukul 06.00-10.00 WIB untuk mengurangi polusi kendaraan bermotor di Kota Padang.

"Pemerintah harus memberi ruang bagi masyarakat untuk menikmati udara bersih dan juga melakasanakan aktivitas olahraga," ujarnya di Istana Gubernur.

Baca Juga

Gubernur menilai, pegelaran car free day bagus untuk masyarakat. Karena memberikan ruang untuk melakukan aktifitas bersama keluarga, sehingga menjadi hiburan.

“Untuk saat ini, Car Free Day Khatib Sulaiman Bakal jadi ikon car free day di Sumbar. Kami juga mengundang berbagai komunitas, cabang olahraga dan kantor serta toko di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman untuk ikut serta. Sehingga menjadi ramai,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar Adib Alfikri menginformasikan, pada 20 Januari 2019 itu sekaligus diadakan launching Car Free Day Khatib Sulaiman. Nantinya akan ada berbagai kegiatan seremoni.

“Bapak gubernur yang akan melaunching kegiatan ini,” kata Adib.
Dikegiatan Car Free Day Khatib Sulaiman tersebut, kata Adib, akan diisi dengan aktivitas olahraga, budaya, pemungutan sampah dan ada pesta rakyat.

Terkait jalur alternatif, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub Kota Padang dan pihak kepolisian. Sudah dilakukan survei, kepadatan di Jalan Khatib Sulaiman. Nantinya, bus Trans Padang akan dialihkan.

“Perkantoran di Jalan Khatib Sulaiman akan dijadikan tempat parkir dan area untuk UMKM berjualan. Trotoar, badan jalan tidak boleh untuk berdagang. (*)

Penulis: Pundi F Akbar | Editor: -