Terjadi Penurunan, Jumlah Warga Miskin di Payakumbuh 42.568 Jiwa

"Untuk KK miskin pada 2018 berjumlah 9.946 KK. Sedangkan pada 2017 KK miskin sebanyak 10.877,"
Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kota Payakumubuh, Ance. (Taufik Hidayat Kampai/Klikpositif)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sepanjang 2018, Dinas Sosial Kota Payakumbuh mencatat terjadi penurunan jumlah warga miskin di daerah tersebut. Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT), total warga miskin di Kota Payakumbuh sepanjang 2018 berjumlah 42.568 jiwa. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan 2017, di mana jumlah warga miskin berjumlah 66.979 jiwa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial Kota Payakumubuh, Ance menyebut, menurunnya jumlah warga miskin itu juga sejalan dengan jumlah KK miskin yang juga menurun.

“Untuk KK miskin pada 2018 berjumlah 9.946 KK. Sedangkan pada 2017 KK miskin sebanyak 10.877,” Kata Ance, Kamis (17/1).

Menurut Ance, untuk kemiskinan sendiri harus dilihat dari dua sisi pandang, yaitu kemiskinan absolute dan kemiskinan struktural.

"Untuk kemiskinan absolute adalah yang memang benar-benar miskin, kondisinya membuat dia tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar. Sedangkan untuk kemiskinan struktural, tingkat kemiskinan ini sangat situasional," jelasnya.

Terkait adanya penurunan jumlah warga miskin di Kota Payakumbuh, Ance menyebut, kemiskinan itu harus dilihat dari beberapa aspek, seperti indikator pendepatan, rumah, kepemilikan lahan, tingkat pendidikan, atau dari aspek partisipasi.

Menurut Ance, sejauh ini, Pemko Payakumbuh sudah menjalankan beberapa program untuk melakukan intervensi terhadap warga miskin yang saat ini terdapat di Payakumbuh.

"Untuk indikator rumah intervensinya itu sudah ada melalui batuan RTLH (Rumah Tak Layak Huni). Kalau tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar ada program bantuan pangan non tunai. Untuk pendidikan dan kesehatan intervensinya PKH (Program Keluarga Harapan)," katanya.

Dijelaskannya, melalui beberapa program itu, Pemko terus berupaya menjalankan beberapa program yang diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin tersebut.

Berbanding lurus dengan data kemiskinan mikro tersebut, persentase ... Baca halaman selanjutnya