Soroti Tata Kelola Pergurun Tinggi, DPR Dorong Kemenristekdikti Lakukan Hal Ini

"Panja KAP-PT Komisi X DPR RI mendorong Kemenristekdikti untuk menentukan fokus peningkatan mutu, daya saing, akses, tata kelola, dan relevansi agar dapat melakukan percepatan peningkatan kualitas perguruan tinggi"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Komisi X DPR RI menyoroti permasalahan tata kelola dan mutu perguruan tinggi, mulai dari masalah kelembagaaan dan akreditasi program studi, mutu program studi, hingga kebijakan dan target pendidikan tinggi yang dilaksanakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Panja Kelembagaan dan Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi (KAP-PT) Komisi X DPR RI mendorong Kemenristekdikti didorong untuk memperbaiki tata kelola dan kualitas perguruan tinggi, sehingga memiliki daya saing dalam ikut melaksanakan percepatan pembangunan.

“Panja KAP-PT Komisi X DPR RI mendorong Kemenristekdikti untuk menentukan fokus peningkatan mutu, daya saing, akses, tata kelola, dan relevansi agar dapat melakukan percepatan peningkatan kualitas perguruan tinggi,” kata Ketua Panja KAP-PT Komisi X DPR RI Reni Marlinawati saat Rapat Dengar Pendapat dengan jajaran Kemenristekdikti yang dihadiri Dirjen Kelembagaan IPTEK dan Dikti Suwignjo Patdono, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ismunandar, dan Direktur Karir dan Kompetensi SDM Bunyamin Maftu, di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengungkapkan keprihatinan terhadap perkembangan peringkat akreditasi perguruan tinggi dan program studi di Indonesia. “Ada ribuan program studi, yang bisa dilihat terakreditasi masih sedikit. Jangankan yang sudah terakreditasi C, yang belum terakreditasi malah masih banyak. Inilah salah satu bentuk keprihatinan kita. Ditambah lagi jumlah perguruan tinggi yang swasta yang persoalannya jauh lebih banyak,” ungkap Reni yang juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini.

Patut diketahui, berdasarkan keterangan dari Kemenristekdikti, per tanggal 31 Desember 2018, sebanyak 1.974 perguruan tinggi telah terakreditasi, yaitu 85 perguruan tinggi akreditasi A, 725 perguruan tinggi akreditasi B, dan 1.164 perguruan tinggi akreditasi C. Sementara program studi ... Baca halaman selanjutnya