Walikota Payakumbuh Swafoto Pakai Jaket Pendukung Jokowi, PKS: Hati-Hati

"Dalam foto tersebut tampak Riza menggunakan jaket berwarna putih dengan bertuliskan Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi (FKRPJ)"
Riza Fahlepi (berkacamata) berfoto menggunakan jaket pendukung Capres Jokowi-Maruf Amin (Istimewa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebuah swafoto Walikota Payakumbuh, Riza Fahlepi yang menggunakan jaket pendukung Capres Jokowi menuai polemik.

Dalam foto tersebut tampak Riza menggunakan jaket berwarna putih dengan bertuliskan Forum Komunikasi Relawan Pemenangan Jokowi (FKRPJ). Ia berfoto dengan salah seorang simpatisan Capres Joko Widodo, pada 15 Januari 2019 lalu.

Tidak hanya jaket, tampak pula, Riza yang merupakan kader dari Partai Kedalian Sejahtera (PKs) itu menampakkan gestur jari tanda satu menggunakan jempol, sebagai salah satu lambang pada Capres petahana sesuai nomor urut.

Dari sisi politik, gaya foto Riza berbeda dengan arah dukungan yang ditetapkan PKS ke pasangan Prabowo-Sandiaga Uno yang memiliki nomor urut dua.

Kendati begitu, Ketua DPD PKS Kota Payakumbuh, Hamdi Agus mengaku hal itu hanya ketidaksengajaan Walikota Riza.

"Kita dari PKS berhusnodzon (berprasangka baik) saja ke Pak Wali (Riza Falepi, red). Bisa jadi saat itu dalam keadaan terjepit, karena yang datang itu kawan-kawan juga," katanya.

Pasalnya, saat foto tersebut diambil juga beriringan dengan kegiatan upacara peringatan peristiwa Situjuah ke-70 yang dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar.

Meski foto tersebut telah beredar di media sosial dan diketahui sebagian besar masyarkat Payakumbuh, Hamdi Agus percaya hal itu tidak akan memberikan pengaruh terhadap kader-kader PKS di Kota Payakumbuh. "Kalau sampai saat ini tidak ada (pengaruh)," ujarnya.

Lebih lanjut, Hamdi Agus mengingatkan orang nomor satu di Kota Payakumbuh itu dan juga seluruh kader PKS untuk bisa lebih berhati-hati.

"Kita tentu mengingatkan beliau (Riza Falepi) kalau untuk hal-hal seperti itu harus berhati-hati," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]