Debat Pertama Capres, Ini Komentar Pengamat Politik dari Unand Padang

"Publik masih menunggu performa terbaik mereka pada debat berikutnya"
Aidinil Zetra (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Padang Aidinil Zetra menilai dalam debat pertama Pilpres Kamis (17/1) malam, kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden belum memiliki konsep yang jelas dan belum menguasai isu soal Indonesia ke depan, sehingga publik masih menunggu performa terbaik mereka pada debat berikutnya.

"Publik penonton debat masih menunggu kelebihan masing-masing pasangan. Debab pertama masih banyak kekurangan dari sisi pengusaan isu, kemampuan mengkomunikasikan saat debat, pendalaman materi, pilihan program dan kebijakan," jelasnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat 18 Januari 2019.

Kalau dianalisis persegmen, lanjut Aidinil, pasangan Prabowo-Sandi lebih siap untuk debat, namun di beberapa segmen Jokowi-Makruf Amin juga mendominasi dan melakukan serangan terutama soal Ratna Sarumpaet dan Caleg Gerindra mantan napi koruptor yang ditandatangani Prabowo sebagai ketua umum.

"Visi misi lebih unggul 02 karena disampaikan tanpa melihat teks.Publik atau penonton akan berfikir mereka lebih menguasai. Sementara 01 unggul saat isu gender, karena dalam kabinet kerja saat ini, Jokowi menempatkan perempuan pada jabatan strategis sedangkan Prabowo tentu penilaian dari sisi partai Gerindra yang didominasi laki-laki," ulasnya.

Selain itu, 02 unggul dalam pembagian waktu dalam menjawab pertanyaan dari 01, Prabowo turut melibatkan Sandi dalam menjawab pertanyaan. Sedangkan 01 lebih didominasi oleh Jokowi.

"Dari debat tadi malam, publik masih menunggu bagaimana pemimpin itu menyelesaikan persoalan bangsa dan pemikiran serta gagasan itu keluar dari dirinya. kelemahan 01 lebih banyak melihat teks, sehingga publik berpikir apa yang mereka sampaikan hasil pemikiran tim sukses," tuturnya.

Selanjutnya, dari sisi Hak Asasi Manusia (HAM) dan Terorisme kedua pasangan calon presiden masih belum memiliki konsep yang mendalam dan jelas. Sehingga masyarakat juga akan bertanya-tanya ... Baca halaman selanjutnya