Ingin Menikmati Keindahan Kota Padang dari Menara Masjid Raya Sumbar, Ini Jadwal Bukanya

"Masih tahap pemeliharaan oleh kontraktor, tahun ini tidak ada anggaran untuk fisik di Masjid Raya Sumbar"
Masjid Raya Sumbar (Joni Abdul Kasir/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Bangunan pendukung di sekitar masjid Raya Sumbar termasuk menara hingga saat masih dalam masa pemeliharaan. Serah terima antara rekanan proyek dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) akan dilakukan pada akhir Juni 2019.

"Masih tahap pemeliharaan oleh kontraktor, tahun ini tidak ada anggaran untuk fisik di Masjid Raya Sumbar," sebut Kepala Bidang Bina Mental-Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar Karimis, saat dihubungi KLIKPOSITIF, Jumat 17 Januari 2019.

Pemeliharaan dimaksud, perbaikan taman, lampu dan lift. Jika ada kerusakan menjelang serah terima menjadi tanggungjawab kontraktor sepenuhnya. Pemprov Sumbar melalui Biro Bina Mental menerima bersih dan sempurna bangunan.

Untuk pengelolaan beserta bangun pendukung Masjid, saat ini Pemprov Sumbar sedang menyiapkan aturan penggunaan dan pengelolaan. Termasuk regulasi untuk pemakaian menara dan lantai dasar masjid.

"Nanti aset diserahkan ke Pemprov, setelah itu baru pengelolaan sesuai aturan," ujarnya.

Disampaikan Karimis, rencananya menara akan dibuka untuk umum pada bulan Juni tersebut. Menara nantinya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk datang ke Masjid Raya Sumbar.

"Pengunjung bisa bersantai diatas menara menikmati keindahan Masjid dan Kota Padang pada ketinggian 85 meter. Ini juga sedang kita siapkan aturannya apakah pengunjung menggunakan tiket nanti atau tidak," tukasnya mengakhiri.

(Joni Abdul Kasir)