Ilmuwan Swiss Kembangkan Robot sebagai Alat Antar Obat dalam Pembuluh Darah

"seperti mikroorganisme hidup"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Ilmuwan Swiss telah mengembangkan robot kecil fleksibel yang diilhami oleh alam yang dapat berenang melalui cairan dan dapat mengantarkan obat ke jaringan yang sakit suatu hari.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Science Advances menggambarkan perangkat lunak yang kompatibel dengan bio "seperti mikroorganisme hidup," menggeliat dalam cairan yang mungkin padat, kental atau bergerak dengan kecepatan cepat.

Selman Sakar, penulis utama studi dan asisten profesor dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, mengatakan prototipe memiliki panjang sekitar satu milimeter, tetapi mereka dapat dibuat lebih kecil menggunakan metode pelipatan berbasis origami.

Dilansir dari laman xinhua, robot miniatur dapat melewati pembuluh darah yang sempit dan sistem yang rumit tanpa mengurangi kecepatan atau kemampuan manuver, tidak kehilangan kendali atas arah bergerak.

Deformasi dapat "diprogram" terlebih dahulu tanpa sensor atau aktuator, yang memungkinkan robot secara otomatis berubah menjadi bentuk yang paling efisien, menurut penelitian.

Perangkat pintar terbuat dari nanokomposit hidrogel dan nanopartikel magnetik di dalam hidrogel dapat dikontrol oleh medan elektromagnetik. Juga dapat dibiarkan bernavigasi sendiri melalui rongga dengan menaiki aliran fluida.

"Alam telah mengembangkan banyak mikroorganisme yang berubah bentuk saat kondisi lingkungannya berubah. Prinsip dasar ini menginspirasi desain microrobot kami," kata Bradley Nelson, penulis bersama makalah dan profesor robotika dan sistem cerdas di ETH Zurich.

Perangkat ini hemat biaya dan para peneliti sedang berupaya meningkatkan kinerjanya melalui cairan kompleks seperti yang ditemukan dalam tubuh manusia.