Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Minangkabau Turun Drastis

"Penurunan jumlah penumpang mencapai 3000 orang untuk semua penerbangan"
Aktifitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jumlah penumpang yang menggunakan transportasi udara di Bandara Internasional Minangkabau menurun drastis.

Humas Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau, Fendrick Sondra mengatakan, penurunan jumlah penumpang mencapai 3000 orang untuk semua penerbangan (keberangkatan dan kedatangan).

"Itu data pada hari Jumat kemarin, biasanya di periode yang sama di tahun sebelumnya jumlah penumpang mencapai 11 ribu orang," katanya dalam sebuah pernyataan resmi.

Untuk jumlah penumpang ia merinci, pada Jumat 18 Januari 2018 kemarin, jumlah penumpang di terminal kedatangan mencapai 4.201 orang untuk penerbangan domestik dan 415 orang untuk penerbangan internasional.

Sementara untuk keberangkatan, jumlah penumpang mencapai 3.522 orang untuk penerbangan domestik dan 365 orang untuk penerbangan internasional.

Jika ditambah dengan penerbangan lain seperti infant dan perubahan jadwal keberangkatan, jumlah penumpang secara keseluruhan mencapai 8.657 orang.

Dari data tersebut juga dijelaskan bahwa tingkat nilai kegunaan dari kapasitas muatan yang tersedia dalam pesawat atau Load Factor adalah sekitar 70 persen untuk semua penerbangan.

"Memang BIM dalam beberapa waktu terakhir mengakami penurunan jumlah penumpang, hal ini banyak faktor yang jd penyebab," sebut dia kemudian.(*)