Wagub Sumbar : Chatib Sulaiman Jangan Hanya Nama Jalan Saja

"Chatib Sulaiman dinilai pantas untuk menyandang pahlawan nasional"
Wagub Sumbar Nasrul Abit (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebut, perjuangan Chatib Sulaiman dari Sumatera Barat pantas diusung sebagai pahlawan nasional.

"Kita bisa telusuri sejarah, bagaimana perjuangan sosok Chatib Sulaiman berjuang untuk kecintaan akan kemerdekaan Indonesia dalam perjuangan PDRI pada tanggal 22 Desember 1948-13 Juli 1949, yang dipimpin oleh Presiden PDRI Syafruddin Prawiranegara," ujar Nasrul Abit pada Seminar Nasional oleh Yayasan Chatib Sulaiman dalam bedah buku sekaligus menyiapkan pengusulan pejuang kemerdekaan, Chatib Sulaiman jadi pahlawan nasional pada Sabtu (19/1/2019) di Ruang Dilo Telkom Witel Padang.

Wagub menyampaikan, Chatib Sulaiman gugur pada saat itu dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Waktu itu Chatib Sulaiman dipercaya sebagai Ketua Markas Pertahanan Rakyat Daerah dalam “struktur” PDRI.

Belanda melakukan penyerangan, sehingga ada 69 pejuang yang gugur dalam peristiwa tersebut, termasuk salah satunya Chatib Sulaiman. 

"Kita semua berharap, semangat perjuangan sosok pemuda Chatib Sulaiman dapat dihargai menjadi pahlawan nasional, dan bukan hanya sekedar nama jalan saja," ujar Nasrul Abit.

Selanjutnya Wakil Gubernur kembali menegaskan, melalui seminar ini mesti merumuskan adanya langkah-langkah yang bisa memperjuangkan kisah heroik semangat pejuang Chatib Sulaiman menjadi pahlawan nasional.

"Kita berharap sangat Chatib Sulaiman diputuskan secara resmi oleh negara menjadi pahlawan nasional, bahagian dari semangat juang bela negara yang telah ditetapkan bangsa ini," harap Nasrul Abit.

Sementara Ketua Ketua Yayasan Chatib Sulaiman, Sudarman Khatib Datuak Babangso mengatakan, seminar nasional merupakan kegiatan dari yayasan Chatib Sulaiman, yang salah satunya mengenang 70 tahun gugurnya Chatib Sulaiman pada 15 Januari 1949, bersama 68 pejuang kemerdekaan lainnya, yang dikenal dengan Peristiwa Situjuah.

Sebelumnya Ketua ... Baca halaman selanjutnya