Sidang Paripurna Raperda di DPRD Payakumbuh Sepi, 40 Persen Anggota Dewan Absen

"Hanya 14 orang anggota DPRD yang hadir"
Suasana sidang paripurna di DPRD Payakumbuh (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sidang paripurna pembahasan empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di DPRD Kota Payakumbuh pada Senin 21 Januari 2019 berlangsung sunyi.

Pasalnya, dalam sidang yang beragendakan penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi tersebut, 40 persen anggota dewan tidak hadir.

Melalui daftar hadir diketahui bahwa, hanya 14 orang anggota DPRD yang hadir, sisanya ada yang izin, sakit dan tanpa keterangan yang pasti.

Kendati begitu, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Suparman yang memimpin rapat mengatakan bahwa sidang tetap bisa dilanjutkan.

Semua keputusan yang diambil dalam sidang tersebut juga sah, karena sesuai dengan ketentuan, yaitu kehadiran 50 persen ditambah satu.

"Yang jelas, berdasarkan daftar hadir yang sudah ditandatangani telah memenuhi kuorum untuk penyampaian pandangan fraksi-fraksi, yaitu 50 persen ditambah satu," kata Suparman.

Lebih lanjut, politisi PKS itu enggan mengomentari terkait banyaknya anggota DPRD Kota Payakumbuh yang tidak hadir pada paripurna tersebut.

Menurutnya, hadir atau tidak seorang anggota legislatif adalah tanggung jawab masing-masing wakil rakyat tersebut.

"Itu tanggung jawab masing-masing pribadi. Untuk etisnya silahkan tanya ke masing-masing anggota tersebut," ulasnya.

Pada rapat tersebut, delapan fraksi di DPRD Kota Payakumbuh, yaitu fraksi Golkar, fraksi PKS, fraksi Partai Demokrat, fraksi PAN, fraksi Gerindra, fraksi PPP, fraksi Bintang Nasdem dan fraksi Perjuangan Nurani Rakyat menyampaikan pendapatnya terkait empat Ranperda yang diajukan Pemko Payakumbuh.

Empat Ranperda yang sebelumnya sudah disampaikan oleh Pemko Payakumbuh, Rabu (16/1) lalu. Empat Ranperda itu antara lain terkait penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Organ dan Kepegawaian PDAM Kota Payakumbuh, Perubahan atas peraturan daerah no 4 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah, dan tentang pengelolaan cadangan ... Baca halaman selanjutnya