Saat Kebakaran di Lapas Bukittinggi, Kamar 4 Blok D Sedang Kosong

"39 warga binaan penghuni Kamar 1, Kamar 2, Kamar 3, dan Kamar 4, dipindahkan ke Blok A, B dan C"
Suasana di Lapas Bukittinggi setelah api dipadamkan (Ulfa)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Kalapas Kelas IIA Bukittinggi, Marten, mengungkapkan, saat api berkobar di Blok D Lapas Bukittinggi, tidak ada seorangpun warga binaan yang berada dalam kamar tersebut. Sumber api diduga berasal dari kamar 4.

"Saat kejadian, kamar dalam keadaan kosong. Semua warga binaan di Kamar 4 Blok D sedang bekerja di luar, ada yang di dapur maupun di kebun," ujar Marten kepada awak media, Senin 21 Januari 2019.

Marten menyebut, dari informasi warga binaan, api berasal dari kamar 4 Blok D. Blok D itu sendiri memiliki 8 kamar. Namun dari total 8 kamar itu, hanya empat kamar yang terbakar, diantaranya Kamar 1, Kamar 2, Kamar 3 dan Kamar 4.

Kamar 1 dihuni 8 orang, kamar 2 juga dihuni 8 orang, dan kamar 3 juga dihuni 8 orang. Sementara Kamar 4 dihuni 15 orang, sehingga totalnya dari empat kamar tersebut berjumlah 39 orang.

"Setelah kejadian ini, 39 warga binaan penghuni Kamar 1, Kamar 2, Kamar 3, dan Kamar 4, dipindahkan ke Blok A, B dan C," jelas Marten.

Kebakaran di Blok D lapas Bukittinggi itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Api baru bisa dijinakan sekitar pukul 15.30 WIB. Untuk memadamkan api, sejumlah armada pemadam kebakaran dikerahkan, baik dari Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kota Padangpanjang, Kabupaten Limapuluh Kota dan dari Kota Payakumbuh. (*)

Baca berita sebelumnya : Empat Ruangan di Blok D Lapas Bukittinggi Terbakar