Wagub Sumbar: Sore Ini Kami Rapat Bahas Pengganti Suprapto

"Ia ditetapkan tersangka terkait kasus dugaan suap kepada Anggota DPR Komisi III Putu Sudiartana."
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (joni/KLIKPOSITIF)

KLIKPOSITIF – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan pihaknya akan mengadakan rapat terkait posisi Kepala Dinas Prasarana Jalan dan Pemukiman Suprapto sore ini.

“Kita rapat dulu sore ini (soal posisi Suprapto). Hasilnya (diganti atau tidak) akan segera kita publikasikan,” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan usai apel pengamanan di RTH Imam Bonjol, Kamis, 30 Juni 2016.

Kemarin, Sekretaris Daerah Sumatera Barat Ali Asmar mengatakan masih menunggu keputusan KPK terkait status Suprapto. “Kita belum bisa putuskan apapun sebelum diumumkan status hukumnya,” ujar Sekda.

Suprapto ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu, 29 Juni 2016. Ia ditetapkan tersangka terkait kasus dugaan suap kepada Anggota DPR Komisi III Putu Sudiartana untuk memuluskan proyek pembangunan 12 jalan di Sumbar melalui APBN-P.

"SPT (Kadin PU Sumbar) akan membuat proyek jalan sebesar Rp 300 miliar sehingga seseorang yang memiliki link dengan seorang anggota DPR berjanji dia akan bisa menyiapkan dan mengabulkan proyek itu untuk Sumatera Barat," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan di kantornya, Jl HR Rasuna Said, kemarin.

Seseorang yang dimaksud Basaria adalah rekanan Putu. Dia menjanjikan proyek senilai Rp 300 miliar akan dimasukkan dalam APBNP 2016. Selain Suprapto, KPK juga menetapkan pengusaha yang bernama Yogan yang fungsinya sama dengan Suprapto. Keduanya dijerat dengan pasal 5 Ayat 1 huruf a atau Pasal 13 UU Tipikor.

 [Halbert Chaniago]