Penyampaian Pandangan Fraksi DPRD Disambut Positif oleh Pemko Payakumbuh

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menghadiri rapat Paripurna
Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz saat menghadiri rapat Paripurna (Taufik Hidayat Kampai/Klikpositif)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz mengaku mendapat banyak masukan positif dari fraksi-fraksi di DPRD pada saat rapat paripurna penyampaian pandangan fraksi terkait empat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang sebelumnya sudah diajukan pemerintah daerah tersebut.

Pada rapat Paripurna yang dilaksanakan di aula rapat paripurna gedung DPRD Kota Payakumbuh , Senin (21/1) tersebut, delapan fraksi DPRD menyampaikan pandangan umum masing-masing fraksi terkait Ranperda penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), Ranperda Organ dan Kepegawaian PDAM Kota Payakumbuh , Ranperda Perubahan atas peraturan daerah no 4 tahun 2014 tentang pengelolaan sampah, dan terakhir Ranperda terkait pengelolaan cadangan pangan Kota Payakumbuh .

baca juga: Besok, Pasar Ternak Payakumbuh Kembali Dibuka

Setelah mendengar pendapat masing-masing fraksi di DPRD tersebut, Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz melihat banyak ide dan gagasan yang bermunculan dari anggota legislatif tersebut.

Seperti halnya, pandangan fraksi Golkar yang dibacakan oleh Mahannis yang menginginkan Diskominfo memiliki sarana dan prasaranan yang memadai dalam menunjang penyelenggaraan system pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Termasuk kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM).

baca juga: BLT COVID-19 APBD Kota tak Kunjung Cair, Riza Minta Warga Payakumbuh Bersabar

Kemudian pandangan dari fraksi PKS yang dibacakan oleh Heri Iswandi yang menginginkan Pemko Payakumbuh bisa mencari formula agar income dari PDAM lebih besar untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sedangkan dari fraksi PAN yang dibacakan oleh Marhidayandi menjelaskan cadangan pangan dan pengelolaan sampah. Fraksi PAN melihat ranperda yang telah di sampaikan oleh Pemko Payakumbuh adalah sebuah usaha dan upaya untuk menjadikan kota dan masyarakatnya hidup lebih baik. Hanya saja dalam pelaksanaan, diharapkan Pemko Payakumbuh bisa lebih baik dalam bermanajemen.

baca juga: Kasus COVID-19 di Payakumbuh Terus Bertambah, Ini Kata Legislator

Mndengar banyaknya masukan dan ide untuk penyempurnaan empat Ranperda ini, Wakil Walikota mengaku senang. Pasalnya selama perumusan Pandangan Fraksi DPRD, banyak hal yang dianggap masih kurang. Tentunya masukan ini akan segera di realisasi untuk Kota Payakumbuh yang lebih maju.

"Cukup banyak yang diingatkan kepada Pemko Payakumbuh . Saya melibat hal ini sebagai kerja sama yang bagus untuk membangun Payakumbuh lebih baik," kata Erwin Yunaz.

baca juga: Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Payakumbuh Lacak Klaster Pejabat Pemko yang Positif

Menurut orang nomor dua di Kota Batiah itu, masukan yang didapat tersebut akan dijadikannya sebagai bahan kajian untuk lebih mematangkan Ranperda yang diajukan tersebut.

"Kami akan segera bahas dengan masing-masing OPD untuk memastikan Ranperda ini bisa maksimal diterapkan untuk kesejahteraan warga Payakumbuh," pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]


 

Penulis: Rezka Delpiera