BNN Akan Lakukan Tes Urine Terhadap Seluruh ASN Pemko Payakumbuh

"Waktunya masih dirahasiakan. Nanti akan ada dadakan. "
Riza Falepi saat menghadiri pertemuan dengan BNNK Payakumbuh (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Dalam beberapa waktu ke depan, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Payakumbuh mengagendakan untuk melakukan tes urine terhadap jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Payakumbuh. Hal itu bertujuan untuk menciptakan ASN bersih narkoba pada 2019 ini.

Kepala BNNK Payakumbuh, AKBP Firdaus ZN menyebut, untuk melakukan hal itu, pihaknya menggandeng Pemko Payakumbuh, dalam hal ini Walikota Riza Falepi yang merespon positif terkait wacana tes urine untuk ASN di lingkungam Pemko Payakumbuh itu.

Tes urine bagi ASN tersebut juga tertuang dalam Inpres no 6 tahun 2018 yang menginginkan seluruh aparatur negara bebas narkoba. Untuk itu, dalam beberapa bulan ke depan akan ada test urine dadakan yang dilakukan oleh BNN Kota Payakumbuh.

“Waktunya masih dirahasiakan. Nanti akan ada dadakan. Target kami seluruh ASN baik yang berstatus PNS maupun kontrak dan honorer,” kata AKBP Firdaus ZN, Senin (21/1).

Diterangkannya, untuk merealisasikan rencana tersebut, ia merasa perlu untuk  berkoordinasi terhadap pimpinan daerah, pasalnya, yang akan menjadi peserta test urine adalah orang-orang yang bekerja di bawah arahan walikota. Karena itu, tes urine nanti rencananya juga akan diikuti  walikota dan wakil walikota.

“Seluruh jajaran akan di tes urinenya. Baik yang tertinggi sampai yang terendah,” ucapnya. 
Menanggapi wacana tersebut,  Walikota Paayakumbuh, Riza Falepi mengaku siap membantu BNN Kota Payakumbuh, untuk merealisasikannya Pemko siap membantu dari sisi anggaran.

“Kami support dan nanti akan di bantu anggarannya. Berapa jumlahnya akan dibicarakan nanti,” kata Riza.

Dengan adanya test urine kepada seluruh ASN di Kota Payakumbuh ini, bisa membuat ASN menghindari bahaya narkoba dan bekerja fokus. Jika kedapatan ada yang positif memakai narkoba, dipastikan yang bersangkutan akan mendapatkan sanksi berat ... Baca halaman selanjutnya