Proyek PSPAM Segera Tuntas, Payakumbuh Tak Akan Bergantung Air Batang Tabik Lagi

"Proyek yang merupakan pengolahan berteknologi tinggi aliran sungai Batang Agam menjadi air bersih dan layak untuk di konsumsi itu masih dalam tahap pengerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor asal Jakarta, "
Walikota Payakumbuh, Riza Falepi. (Taufik Hidayat Kampai/Klikpositif)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF – Walikota Payakumbuh, Riza Falepi berharap Proyek  Pengembangan Sistem Penyedia Air Minum (PSPAM) untuk pembangunan Water Treatment Plant (WTP) bisa tuntas pada tahun ini.

Proyek yang merupakan pengolahan berteknologi tinggi aliran sungai Batang Agam menjadi air bersih dan layak untuk di konsumsi itu masih dalam tahap pengerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor asal Jakarta, PT Maswandi dengan konsultan pengawas PT Multikaradiguna Jasa.

Apabila nantinya proyek yang terdapat di Kelurahan Tanjuang Pauah, Kecamatan Payakumbuh Barat tersebut tuntas, maka ketergantungan PDAM Kota Payakumbuh terhadap pada sumber air dari Batang Tabik Nagari Kamuyang, Kecamatan Lareh, Kabupaten Limapuluh Kota bisa teratasi.

Persoalan sumber air bersih dari daerah tetangga ini yang beberapa waktu lalu sempat menghebohkan warga Kota Payakumbuh karena oknum warga Sungai Kamuyang sempat melakukan penutupan terhadap pipa air PDAM, sehingga membuat warga Kota Payakumbuh sempat kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Apabila proyek ini selesai Payakumbuh tidak akan ketergantungan air bersih lagi dari Batang Tabik," ujar Riza Falepi, Selasa 22 Januari 2019.

Diakui Riza, pihak kontraktor sempat mengalami masalah dalam penuntasan  proyek PSPAM yang pendanaannya berasal dari  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan nilai Rp 20,5 Miliar tersebut.

"Memang agak terlambat sedikit mudah-mudahan 2019 ini sudah bisa beroperasi. Karena sekarang sudah finishing, " lanjutnya.

Riza mengatakan Payakumbuh sebenarnya memiliki tiga sumber air yang bisa dikembangkan untuk pemenuhan air bersih di Kota Payakumbuh yakni Batang Agam, Embung Aur Kuning dan Embung di payolansek.

"Jadi kita sudah ada alternatif, air ini sangat cukup untuk payakumbuh air Batang Tabik bisa tidak perlu bukan menolak namun ... Baca halaman selanjutnya