Ternyata, Satu Hari di Planet Saturnus hanya Berdurasi 10 Jam

"satu hari di planet Saturnus memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik"
Planet Saturnus (unsplash)

KLIKPOSITIF -- Jika di Bumi satu hari adalah 24 jam, beda dengan di planet Saturnus. Satu hari di planet Saturnus ternyata hanya memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik. Apa yang membuat perbedaan waktu satu hari di Bumi dengan planet Saturnus ini? Hal ini dijelaskan oleh hasil penelitian baru.

Para peneliti dari Cassini Project Scientist mengklaim telah berhasil menghitung lamanya waktu satu hari di planet Saturnus. Dalam hasil riset yang dipublikasikan NASA, satu hari di planet Saturnus memiliki durasi 10 jam, 33 menit dan 38 detik.

Hasil ini didapatkan setelah para peneliti menggunakan data yang dikumpulkan oleh satelit antariksa Cassini yang berhenti beroperasi pada September 2017. Dalam studi itu, pakar tidak melihat planet Saturnus secara langsung, melainkan menggunakan pembanding dengan melihat pergerakan cincinnya.

Metoda perhitungan tadi pertama kali diungkapkan pada 1982, namun baru berhasil diujicoba setelah satelit Cassini mengakhiri tugasnya, sekaligus memberikan laporan secara keseluruhan.

"Peneliti menggunakan gelombang di cincin untuk mencari tahu bagian interior Saturnus dan muncul karakter mendasar dari planet ini, yang telah lama dicari. Dan inilah hasil yang solid. Cincin itu adalah jawabannya," ujar salah satu peneliti, Linda Spilker, seperti dilansir dari Space.

Sebelumnya, perhitungan waktu satu hari di planet Saturnus sulit ditentukan karena bentuknya yang termasuk dalam kategori planet gas. Hal ini membuat para peneliti tidak bisa menentukan hasilnya hanya dengan menunggu planet ini berotasi atau memonitor suatu landmark.

Yang biasanya mereka lakukan untuk menghitung hari di planet berbatu seperti Mars. Selain itu, kesulitan yang dialami para peneliti juga bertambah seiring kemiringan medan magnetik Saturnus yang hampir sejajar dengan sumbu rotasinya. (*)

sumber: HiTekno