PPL Jangan Hanya di Kantor, Distanhorbun Pessel Minta Hal Ini

"hari ini PPL tidak harus sibuk bekerja seperti halnya di kantor. Namun, bagaimana bisa bekerja di lapangan dalam menyerap dan memberikan solusi terbaik terhadap keluhan petani."
Kepala Distanhorbun Pesisir Selatan, Nuzirwan (KLIKPOSITIF/ Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meminta Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) agar lebih responsif dalam merespon kebutuhan petani di Pesisir Selatan.

Kepala Distanhorbun Pesisir Selatan, Nuzirwan menyebutkan, menentukan hasil produktivitas pertanian yang baik sangat ditentukan dari hasil kinerja PPL. Karena PPL merupakan ujung tombak terdepan dalam mendampingi petani.

"PPL ujung tombak dalam mendukung kesuksesan pertanian. Karena tenaga mereka berfungsi sebagai pelaksana teknis fungsional dan unit organisasi instansi pemerintah di setiap kecamatan," sebut Nuzirwan kepada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, hari ini PPL tidak harus sibuk bekerja seperti halnya di kantor. Namun, bagaimana bisa bekerja di lapangan dalam menyerap dan memberikan solusi terbaik terhadap keluhan petani.

"Fungsi penyuluh amat penting dan strategis, sebagaimana yang telah diatur dalam amanat undang-undangan. Jadi kita sangat meminta PPL harus lebih responsif terhadap persoalan pertanian," jelasnya.

Menurutnya, sistem penyuluhan yang mesti dilakukan PPL, selain penataan ketenagaan penyuluh, penguatan kelembagaan juga dibutuhkan untuk peningkatan mutu penyelenggaraan penyuluh. Serta harus dituntut mumpuni dalam menyusun program pertanian sesuai kebutuhan petani.

"Karena itu, mereka dituntut untuk menyusun progam penyuluhan. Serta bagaimana menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi dalam kebutuhan petani, sebab ini adalah sarana produksi bagi petani," terangnya. (Kiki Julnasri)