Harga Tiket Naik, 467 Penerbangan di Bandara Minangkabau Dibatalkan

"Ada penurunan pergerakan pesawat sebesar 20 persen"
Bandara Minangkabau (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- PT Angkasa Pura II mencatat, sebanyak 467 pesawat membatalkan penerbangan (kedatangan/keberangkatan) di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) selama periode 1 hingga 21 Januari 2019.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang BIM Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, pembatalan terjadi sejak maskapai memberlakukan tarif batas atas.

"Dengan kondisi ini, ada penurunan pergerakan pesawat sebesar 20 persen dan angka pergerakan penumpang sekitar 25-30 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu," katanya dalam sebuah pernyataan resmi, Rabu 23 Januari 2019.

Menurut dia, kenaikan harga tiket hingga tarif batas atas dan kebijakan bagasi berbayar bagi sejumlah maskapi membuat antrian pada konter check in menjadi lebih padat.

"Tidak jarang pula penumpang kaget dengan kebijakan ini," ujar dia.

Selain aktifitas penerbangan, Dwi menjelaskan, pihaknya juga menemukan dampak lain dari kenaikan harga tiket pesawat ini.

"Dampak ini juga ikut dirasakan oleh perusahaan moda transportasi darat di bandara yg juga turun angka penggunannya," paparnya.

Lantas terkait dengan kondisi seperti, Dwi menyebut pihaknya akan mengevaluasi secara menyeluruh yang dilanjutkan dengan penetapan strategi dan program yang diantaranya Kajian untuk Optimalisasi Slot, strategi pemasaran rute baru dan atau upaya penambahan rute eksisting.

"BOD dan manajemen sdh melakukan pertemuan dan pembahasan mendalam dengan regulator, para maskapai, Dinas dan pihak terkait lainnya untuk segera mendapatkan solusi agar tidak semakin parah," pungkasnya kemudian.(*)