Program Car Free Day di Jalan Khatib Sulaiman Padang Dilanjutkan

"Hampir semua kota metropolitan di Indonesia ada car free day"
Gubernur Irwan Prayitno saat memberikan arahan pada rapat checking CFD di Auditorium Gubernur, Jumat (25/1). (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman yang dilaunching Minggu (20/1) lalu berjalan dengan aman dan lancar, dan sesuai evaluasi, program ini akan dilanjutkan setiap minggunya.

"Kita lihat pelaksanaan launching CFD berjalan sukses. Banyak masyarakat yang hadir, karena CFD ini dibutuhkan masyarakat untuk bersantai dan berolahraga untuk melepas lelah karena telah bekerja setiap hari. Maka, dengan ada CFD setiap Minggu yang merupakan hari libur ini dapat dihabiskan mereka bersama dengan keluarga," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat rapat checking CFD di Auditorium, Jumat 25 Januari 2019.

Disebutkannya, hampir semua kota metropolitan di Indonesia ada CFD, apalagi saat ini lahan untuk berolahraga sangat kurang. Jika ada itupun hanya lapangan bola.

"Untuk itu, kita berikan ruang kepada masyarakat untuk menikmati liburnya dengan bersantai dan olahraga pada CFD ini. Cukuplah waktu 4 jam, dari jam 6 pagi hingga 10 pagi," ungkapnya.

Selain itu, Irwan mengatakan, selain bersantai dan olahraga masyarakat dapat juga berbelanja, karena perkantoran di sepanjang Khatib Sulaiaman akan dijadikan lahannya bagi pelaku UMKM untuk menjajakan dagangannya.

"Untuk itu, tidak ada yang berjualan dijalan maupun trotoar. Bahkan, mendirikan bangunan permanen maupun semi permanen, karena jalan hanya untuk masyarakat beraktivitas. Maka, itu UMKM disediakan lahan yang berada di perkantoran untuk berjualan. Sehingga, masyarakat tak hanya beraktivitas namun bisa berbelanja juga," ulasnya.

Kemudian kata Irwan, pelaksanaan CFD ini mesti di evaluasi setiap minggunya, jika ada kekurangan maka mesti diperbaiki kedepannya.

"Jangan sampai berhenti ditengah jalan. Perbaiki yang kurang-kurang, evaluasi terus menerus," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]