Tahap Awal, Jalan Alahan Panjang-Bayang Dibangun 4,5 Kilometer

"Pembangunan tahap awal ini akan dimulai dari Kabupaten Solok"
Lokasi pembangunan jalan penghubung Alahan Panjang-Bayang (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pembangunan jalan penghubung Alahan Panjang-Bayang akan dimulai pada tahun 2019 ini. Untuk tahap awal, pembangunan jalan tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp28 miliar.

"Dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp28 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Fathol Bari.

Ia menyebutkan, pembangunan tahap awal ini akan dimulai dari Kabupaten Solok. Sebab, untuk dari arah Pesisir Selatan masih terkendala pembebasan lahan konservasi.

"Sambil mengurus pembebasan lahan yang arah Pessel kita kerjakan arah Solok. Kalau itu sudah bebas baru bisa kita kerjakan bersamaan," sebut Fathol.

Menurut dia, dengan dana sebesar itu bisa membangun jalan sepanjang 4,5 kilometer hingga ke tahap pengaspalan.

Di sisi lain, terkait pembangunan jalan dari arah Bayang, Pesisir Selatan, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan bahwa pihaknya saat ini tengah berkoordinasi dengan BKSDA dan Kementerian LHK.

Ia menambahkan, jika dua lembaga itu kemudian tidak memberikan izin untuk pembebasan lahan, maka pembangunan jalan akan dibuat melingkari kawasan huran konservasi dengan penambahan jalan sepanjang 18 kilometer.

"Melingkar tidak mungkin, (membabat) hutan konservasi tidak mungkin juga dikerjakan sebelum ada izin. Untuk itu kita upayakan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI agar lahan bisa bebas, sebab jalan ini sudah masuk dalam proyek strategis nasional," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]