Ini Kronologis Bentrokan Wartawan vs Satpam di Kantor Dinas Prasjal Sumbar

Seorang Satpam dorong salah seorang wartawan di Kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, Kamis (30/06/2016)
Seorang Satpam dorong salah seorang wartawan di Kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumbar, Kamis (30/06/2016) (Ridwan/Padek)

KLIKPOSITIF – Sejumlah wartawan terlibat bentrok dengan Satuan Pengamanan (Satpam) di Kantor Dinas Prasjal Tarkim Sumatera Barat, Kamis 30 Juni 2016. Tidak ada yang terluka dalam kejadian ini, namun aksi arogansi Satpam ini dikecam oleh seluruh insan jurnalis.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Waktu itu, puluhan wartawan dari media cetak, elektronik dan media online sedang melakukan tugas peliputan penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) di kantor Kepala Dinas Prasjal Tarkim Sumbar .

baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Gugus Tugas Payakumbuh Tetap Imbau Warga Jaga Protokol Kesehatan

Pihak kepolisian dan KPK sebenarnya tidak melarang kehadiran wartawan dalam penggeledahan itu, walau posisi wartawan yang diperkenankan peliputan berada di luar kantor.

Namun entah kenapa, mendadak Satpam yang bertugas di kantor itu seolah-olah tak terima dengan kehadiran wartawan yang ingin mewawancarai Penyidik KPK dan pejabat Sekretariat Dinas Prasjal Tarkim. Padahal saat itu, KPK telah merampungkan penggeledahan di ruang kantor kepala dinas.

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

Akibatnya, perang mulut terjadi antara salah seorang Satpam dengan salah seorang wartawan. Tak puas dengan kata-kata kasar yang dilontarkan, Satpam itu malah mendorong wartawan yang sedang bertugas dan membuat suasana mulai memanas.

Puluhan wartawan yang tidak terima rekannya diperlakukan semena-mena oleh Satpam itu berusaha untuk menenangkan suasana. Namun seolah-olah tak ingin diajak damai, Satpam itu malah terus berkata kasar terhadap wartawan lainnya.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Kejadian ini semakin memanas, tatkala dua Satpam yang berada di lokasi itu mengusir seluruh wartawan yang bertugas, dengan cara mendorong para wartawan. Bentrokan antara Satpam dan wartawan ini tak terelakan.

Beruntung sejumlah pegawai Dinas Prasjal Tarkim Sumbar datang melerai, dan membuat inseiden itu tidak berlangsung lama. (Ocky Anugrah)

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

Penulis: Iwan R