Lantik Dirut PDAM Sawahlunto, Walikota: Jangan Ada Lagi Keluhan Sampai ke Saya

Pengambilan Sumpah Jabatan Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto.
Pengambilan Sumpah Jabatan Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto. (Muhammad Haikal/klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyoroti kualitas air yang didistribusikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Sawahlunto ke pelanggan selama ini.

Hal tersebut disampaikannya usai melantik Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto Arifman, peridoe 2019 - 2024, di Gedung Pusat Kebudayaan Sawahlunto, Kamis 31 Januari 2019.

baca juga: HUT ke-131, Pemko Sawahlunto Gandeng Agen Perjalanan Wisata untuk Promosi World Heritage

"Saya banyak mendengar keluhan pelanggan di berbagai kesempatan dan media sosial. Katanya air PDAM itu jujur dalam tanda kutip, kalau airnya banyak akan banyak sampai ke pelanggan, kalau musim kemarau air sedikit akan sedikit pula sampai, kalau keruh begitu juga, keruh juga sampai ke pelanggan," terangnya.

"Setelah ini, jangan ada keluhan sampai ke Walikota, semuanya sudah bisa ditangani oleh Direktur Utama yang baru," sambungnya.

baca juga: Bunga Bangkai Berukuran Raksasa Ditemukan di Sawahlunto

Diakui Deri, PDAM belum memiliki cukup air baku dan butuh investasi besar untuk bisa melayani air bersih sesuai mutu yang dikehendaki masyarakat.

Permasalahan lainnya, lanjut Deri, tingkat kebocoran PDAM yang tinggi disertai jaringan yang dimiliki pun sudah sangat lama. Kemudian kondisi geografis Kota Sawahlunto , mengharuskan PDAM menggunakan pompa yang berbiaya tinggi dalam mendistribusikan air ke pelanggan.

baca juga: "Rangkayo Mudo Dirajo" Gelar Adat Untuk Walikota Deri Asta

Berbagai permasalahan PDAM yang saya sebutkan, menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan, sebab kepuasan masyarakat tidak ada batasnya.

"Diharapkan, Direktur Utama yang baru untuk membenahi, dengan melaksanakan fungsi manajerial, seperti konsolidasi internal, mempelajari kondisi eksisting serta permasalahan yang dihadapi, membangun kerjasama antar instansi, mencari peluang dari berbagai program di Kementerian dan lembaga lainnya di tingkat pusat dan melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan kinerja PDAM," pungkasnya.

baca juga: Diintai Sebulan, RS Akhirnya Dibekuk Petugas BNN Sawahlunto

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Kota Sawahlunto , Arifman mengatakan, sebagai direktur baru, akan menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Walikota Sawahlunto.

"Kita petakan di mana kendala, persoalannya bagaimana. Bertahap nanti kemudian kita bersama bisa dapat solusi, perbaikan untuk diterapkan," ungkapnya.

Diketahui, Saat ini, PDAM melayani 7.777 pelanggan atau 82,4 persen dari jumlah penduduk di wilayah pelayanan teknis sebanyak 57.871 jiwa, dengan jam operasional rata-rata 18 jam perhari.

[Muhammad Haikal]

Penulis: Rezka Delpiera