BPBD Solsel Kucurkan Rp700 Juta Untuk Infrastruktur yang Terdampak Banjir

"Anggaran 700 juta ini bersumber dari bantuan tak terduga APBD Solsel untuk penanganan bencana alam"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

SOLSEL, KLIKPOSITIF -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel)-Sumbar mengalokasikan dana sebesar Rp700 juta untuk penanganan infrastruktur yang terdampak banjir di Kabupaten Solsel pada 18 Januari 2019 lalu.

"Anggaran 700 juta ini bersumber dari bantuan tak terduga APBD Solsel untuk penanganan bencana alam," Kata Kepala Seksi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Solsel Irda Henri di Padang Aro, Jum'at 1 Februari 2019.

Ia mengungkapkan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan anggaran tersebut berupa rehab jembatan, pengamanan tebing dan rehabilitasi sungai.

"Kami upayakan perbaikan infrastruktur yang sangat berpengaruh bagi aktivitas masyarakat terlebih dahulu,"katannya.

Infrastruktur tersebut imbuhnya, yaitu 1 unit Jembatan darurat Batu Bajarang, 2 unit jembatan darurat Taratak Tinggi. Ketiga jembatan tersebut berlokasi di kecamatan Pauah Duo.

Ia melanjutkan selain pembangunan jembatan darurat pihaknya juga melakukan normalisasi sungai.

"Untuk normalisasi sungai dilakukan di Sungai Batang Bulantiak, normalisasi Sungai Batang Pagu,dan normalisasi Sungai Sapan Aia Angek," katanya.

Pihaknya berharap upaya tersebut dapat membantu memperlancar transportasi serta mengantisipasi ancaman bencana ke pemukiman masyarakat.

"Pemerintah akan selalu hadir untuk meringankan beban masyarakat dengan tetap tunduk pada aturan yang berlaku karena semuanya harus dipertanggungjawabkan," pungkasnya.

[Kaka]