DATA: Hari Ini, Sumbar Diguncang Gempa Bertubi-Tubi

"Ada puluhan gempa yang sudah mengguncang Sumbar"
Pusat gempa yang mengguncang Sumbar hari ini (BMKG)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Provinsi Sumateta Barat diguncang gempa bumi bertubi-tubi pada Sabtu 2 Februari 2019. Gempa itu diketahui bersumber dari dasar laut atau akibat pergerakan lempeng Indo Australia-Eurasia.

Menurut data BMKG, ada puluhan gempa yang sudah mengguncang Sumbar dengan kekuatan bervariasi, di seputaran perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa ini terjadi akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Lokasi lempengan ini tepatnya berada di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra.

"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra," katanya dalam rilis yang diterima KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Klik link di bawah ini untuk melihat rekapitulasi gempa bumi yang mengguncang Sumbar hari ini. Dalam data ini, waktu gempa tercatat terjadi pada waktu internasional (UTC) yang memiliki koreksi waktu 7 jam dengan Indonesia.

KLIK DISINI UNTUK MELIHAT REKAPITULASI GEMPA YANG MENGGUNCANG SUMATERA BARAT HARI INI