Bawaslu Pasaman Buka Lowongan Untuk 915 Pengawas TPS, Ini Syaratnya

"Proses seleksi akan dibuka pada tanggal 4-10 Februari 2019"
Ilustrasi (Net)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Bawaslu Kabupaten Pasaman merekrut 915 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Masing-masing personil akan ditempatkan satu orang di TPS yang ada di 12 kecamatan di Pasaman.

Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita mengatakan pihaknya akan merekrut sebanyak 915 orang pengawas pemilu yang akan ditugaskan diseluruh TPS. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS di Pasaman yakni sebanyak 915 TPS.

"Kita memanggil putra-putri terbaik daerah setempat untuk bergabung sebagai petugas pengawas pemilu tersebut. Proses seleksi akan dibuka pada tanggal 4-10 Februari 2019 Setelah itu seleksi administrasi dan wawancara berlanjut pada tanggal 11-21 Februari 2019," jelas Rini.

Dikatakan Rini, sejumlah persyaratan menjadi pengawas pemilu sesuai ketentuan UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemelihan umum antara lain mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat jujur dan adil.

Bukan itu saja kata Rini, harus berpendidikan paling rendah lulusan SMA sederajat, pada saat mendaftar paling rendah umur 25 tahun. Selanjutnya, sehat jasmani dan rohani, bebas dari penyalahgunaan narkoba, mengundurkan diri dari jabatan politik termasuk jabatan dipemerintahan, BUMN, BUMD serta sejumlah persyaratan lainnya.

"Kita berharap kepada pelamar memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraaan Pemilu, memiliki pemahaman tentang ketatanegaraan serta mempunyai kemapuan dalam bidang pengawasan Pemilu" tegasnya.

Menurut Rini, tugas mereka adalah mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil perhitungan suara dari TPS ke PPS.

Pengawas TPS juga berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukan dugaan pelanggaran, kesalahan dan penyimpangan administrasi pemungutan dan perhitungan suara. Kemudian, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan perhitungan suara serta kewenangan lain ... Baca halaman selanjutnya