Perayaan Imlek di Padang Curi Perhatian Warga Lokal

"Kedatangan wisatawan ini bukan untuk mengikuti proses adat"
Warga menyaksikan pertunjukkan Barongsai di kelenteng See Hin Kiong, Padang Selatan (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ribuan warga etnis Tionghoa di Kota Padang merayakan tahun baru Cina atau Imlek di kelenteng See Hin Kiong, kawasan Pondok, Kecamatan Padang Selatan sejak, Senin 4 Februari 2019 malam.

Disana, warga Tionghoa tampak melaksanakan beberapa kegiatan keadatan, yang kemudian ditutup dengan pertunjukkan Barongsai.

Selain warga etnis Tionghoa, perayaan Imlek juga tampak dipadati oleh wisatawan lokal. Kedatangan wisatawan ini bukan untuk mengikuti proses adat, namun untuk menyaksikan pertunjukkan Barongsai atau sekedar berfoto di sekitaran kelenteng tersebut.

Sejak dua pekan lalu, kawasan kelenteng See Hin Kiong memang dipermanis dengan ribuan lampion berwarna merah, yang terpanjang di sekitaran bangunan ibadah etnis Tionghoa tersebut.

Keberadaan kelenteng yang dihias dengan berbagai pernak-pernik ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

Kedatangan wisatawan saat perayaan Imlek ini kemudian diapresiasi oleh Ketua Kelenteng, David Chandra. Ia mengatakan, kawasan kelenteng tersebut memang terbuka untuk umum.

"Untuk Klenteng ini kan memang merupakan salah satu ikon wisata yang ada di Kota Padang, kami sangat terbuka untuk pengunjung," katanya pada KLIKPOSITIF.

Ia menyebutkan, masyarakat di Kota Padang bisa menyaksikan seluruh perayaan Imlek yang akan berlangsung hingga sepekan mendatang.

"Sekarang masih prosesi adat biasa, nanti ada Sembahyang Tinggi dan kemudian ditutup dengan Cap Go Meh," pungkasnya kemudian.

[Halbert Chaniago]