Diperingati Bawaslu, UIN Imam Bonjol Padang Batal Gelar Diskusi Ilmiah dengan Ma'ruf Amin

"Pembatalan direalisasikan dengan pemindahan lokasi diskusi ilmiah "
Ma'ruf Amin (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membatalkan diskusi ilmiah bersama Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin yang rencananya akan berlangsung besok, Jumat 8 Februari 2019.

Pembatalan direalisasikan dengan pemindahan lokasi diskusi ilmiah yang mulanya akan dilakukan di dalam area kampus yang terletak di Jalan Mahmud Yunus, Lubuk Lintah tersebut.

Keputusan pemindahan lokasi ini dilakukan setelah pihak kampus UIN Imam Bonjol Padang mendapatkan surat peringatan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait kampanye di lingkungan sarana pendidikan.

Keputusan ini didokumentasikan dalam surat B.191/Un.13/B.I/KS.02/02/2019 yang ditandatangani oleh Rektor UIN Imam Bonjol, Eka Putra Wilmar dan ditujukan ke Ketua Penyelenggara Kampanye Daerah Sumatera Barat.

Melalui surat tersebut, pihak kampus menjelaskan bahwa pemindahan juga dilakukan setelah Rektor berkomunikasi dengan Kapolda Sumatera Barat.

"Sehubungan dengan itu, kami sampaikan bahwa pihak UIN hanya bersedia melaksanakan kegiatan akademis, sebagaimana komunikasi dengan tim penghubung sebelumnya. Oleh karena itu, pihak UIN mengajukan pengalihan kegiatan tersebut dari kampus," demikian pernyataan resmi UIN yang diterima KLIKPOSITIF.

Sebelumnya diketahui, Bawaslu Padang mewanti-wanti pihak kampus untuk kegiatan kampanye yang berpotensi terjadi di sarana pendidikan tersebut.

Ketua Bawaslu Padang, Dorri Putra mengatakan bahwa jika hal tersebut terjadi, maka itu sudah bagian dari tindakan pidana sesuai dengan ketentuan hukum.

"Selama bersangkutan tidak menyampaikan visi dan misi, alat peraga kampanye, maka tidak ada unsur kampanye, jadi tidak masalah. Kalau mengajak mahasiswa dan pihak kampus untuk memilih, baru ada indikasi pidana," pungkasnya.(*)