Ini Jumlah Formasi Rekrutmen Pegawai Setara PNS (P3K) di Sumbar

"Dari 244 P3K yang diajukan, 239 untuk tenaga guru, 2 orang tenaga kesehatan dan 3 orang penyuluh pertanian"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Akan dibukanya penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada 2019 ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) mengusulkan 244 formasi untuk itu.

"Kita mengusulkan 244 formasi untuk penerimaan P3K tersebut, dengan alokasi terbanyak untuk tenaga guru," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Yulitar, Kamis 7 Februari 2019.

Disebutkannya, dari 244 P3K yang diajukan itu rinciannya sebanyak 239 untuk tenaga guru, 2 orang tenaga kesehatan dan 3 orang penyuluh pertanian.

"Untuk alokasi tenaga guru itu dapat diisi oleh tenaga honorer yang selama ini telah mengabdi di provinsi atau honorer yang telah mencoba tes CPNS beberapa waktu lalu namun gagal," katanya.

Dilanjutkannya, dengan penerimaan P3K ini diharapkan dapat menutupi kekurangan jumlah pegawai yang masih dibutuhkan oleh Sumbar.

"Jadi dari segi jumlah, kebutuhan pegawai di Sumbar saat ini mencapai 1.620 orang. Jumlah itu baru terpenuhi sebanyak 864 orang melalui tes CPNS. Sedangkan, pegawai kontrak di Sumbar saat ini tercatat sebanyak 80 orang tersebar di berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," tuturnya.

Selain itu kata Yulitar, untuk penerimaan P3K untuk tingkat kota dan kabupaten langsung dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, sebab Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) langsung berhubungan langsung dengan kabupaten dan kota, tidak melalui provinsi.

"Jadi data untuk kabupaten dan kota itu kita tidak mengetahui," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menjelaskan, metode rekrutmen P3K tidak akan jauh berbeda dari CPNS, yakni berbasis Computer Assisted Test (CAT).

"Dan portal pendaftaran dilakukan terintegrasi dengan portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN),” jelas Bima.

Masih dalam penjelasan Bima, nantinya tanda identitas P3K akan ... Baca halaman selanjutnya