Pemkab Pesisir Selatan Upayakan 530 Hektare Lahan Sawit dapat Bantuan Peremajaan

"Program peremajaan ini langsung dibiayai pemerintah pusat"
Ilustrasi (Net)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan-Sumatera Barat mengupayakan, 530 hektare lahan sawit dapat bantuan dana program replanting atau peremajaan pada tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Pesisir Selatan, Nuzirwan mengatakan, program peremajaan ini langsung dibiayai pemerintah pusat melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk petani.

"Bahan kita sudah sampai ke Ditjen Perkebunan, target kita 530 hektar ini bisa terealisasi dan bisa menggenjot hasil perkebunan sawit petani kita ke depannya," katanya pada KLIKPOSITIF.

Dia menjelaskan, usulan replanting kebun sawit dari Pesisir Selatan sendiri, sudah mulai dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Namun, masih terkendala beberapa persyaratan, maka dilanjutkan tahun ini.

"Karena kita harus melengkapi beberapa persyaratan. Jadi tahun ini kita lengkapi dan insyaallah tuntas," jelasnya.

Menurutnya, program replanting akan diberikan kepada petani dengan batas lahan seluas 4 hektare, dengan 100 hektare untuk kelompok. Salah satunya, petani harus tergabung dalam koperasi sebuah kelompok petani sawit.

"Semuanya harus tertib melalui koperasi, satu petani dapat replenting untuk 4 hektare. Lebih dari itu, yang dibantu tetap seluas 4 hektare," terangnya.

Ia juga melanjutkan Pemkab serius untuk mengusulkan replanting masuk ke daerah itu, karena mengingat manfaat program tersebut sangat berguna bagi petani, terutama dalam menunjang produktivitas sawit.

"Selain itu, dana replanting difokuskan untuk pembelian bibit sawit yang unggul. Jadi, sangat berguna, maka kita upayakan dapat tahun ini," pungkas dia kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]