Kedatangan Ma’ruf Amin Bisa Perkuat Suara 01 di Sumbar?

"Makruf Amin merupakan tokoh NU yang masih disegani"
Ma'ruf Amin (Instagram)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengamat Politik Universitas Unand, Dr. Asrinaldi menilai, kedatangan Kiai Ma'ruf Amin ke Sumatera Barat (Sumbar) bisa memperkuat dukungan pemilih berlatar belakang Nahdatul Ulama (NU) di daerah ini kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Pemilihan Presiden nanti.

Hal itu bukan tanpa dasar, pasalnya Makruf Amin merupakan tokoh NU yang masih disegani. Walaupun tidak mayoritas di Sumbar namun loyalitas NU sangat kuat.

"Tak hanya itu, penambahan segmen suara bisa terjadi saat kunjungan seperti ini jika pemilih yang swing voter bisa teryakini untuk menentukan pilihannya kepada pasangan nomor urut 01 ini," ujar Asrinaldi, Jumat 8 Februari 2019.

Dari analisisnya, pemilihan Payakumbuh sebagai daerah yang dikunjungi pasangan Cawapres nomor urut 01 tentunya telah berdasarkan kajian dari tim pendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin, dan tentunya tim analisis mereka dengan melihat peta Sumbar.

“Meskipun Payakumbuh sebagai salah satu daerah basisnya PKS, tapi juga ada kekuatan Nahdatul Ulama di dalamnya,” ujar Asrinaldi.

Menurutnya, Walaupun basis PKS, tetap ada kelompok minoritas yang mendukung Jokowi-Ma'ruf di Payakumbuh. Selain itu diharapkan bisa mempengaruhi pemilih yang swing voter, mereka yang pada Pileg ini masih kebingungan menentukan pilihannya.

"Namun jika Jokowi yang berkampanye langsung ke pemilih di Sumbar tentunya peningkatannya akan lebih besar," terangnya.

Saat ini berdasarkan hasil sementara berbagai lembaga survei nasional, suara untuk pasangan ini berada dikisaran 18-20 persen. 

“Untuk mendulang suara besar di Pilpres nanti dibandingkan pasangan nomor urut 02 masih sulit. Tapi paling tidak harus melewati angka ambang batas 23 persen yang pernah didapatkan di Pileg 2014. Itu artinya tim berhasil mendongkrak suara Jokowi," tukasnya.

[Joni Abdul Kasir]