BNPB Akan Latih Petugas BPBD Daerah Pesisir Pantai di Sumbar

"Pelatihan terlebih dahulu diberikan untuk petugas BPBD Mentawai"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan melaksanakan latihan secara berkala kepada anggota TRC (Tim Rekasi Cepat), KSB (Kelompok Siaga Bencana) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) daerah pesisir pantai Sumatera Barat (Sumbar).

Terdapat tujuh daerah pesisir pantai di Sumbar yakni Kota Padang, Pariaman Kabupaten Pesisir Selatan, Mentawai, Agam, Padangpariaman dan Pasaman Barat. Pelatihan terlebih dahulu untuk petugas BPBD Mentawai.

Menurut Kepala BNPB, Letjen Doni Monardo, dalam meningkatkan eksistensi BPBD daerah perlu dilakukan pelatihan, memberikan pendalaman teknik dan praktek di  lapangan agar memudahkan setiap orang terlatih dan tahu kemana daerah evakuasi di masing-masing titik lokasi.

"Oleh karena itu dalam waktu yang tidak terlalu lama BNPB akan melakukan program pelatihan mitigasi bagi anggota TRC dan KSB di setiap BPBD bagi daerah pesisir pantai. Akan kita mulai dari Mentawai," ujarnya, Jumat, 8 Februari 2019.

Kemudian dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana di Mentawai BNPB juga akan membantu menyelesaikan pembangunan Pusdalop Kabupaten Kepulauan Mentawai pada anggaran tahun 2019.

Pada kunjungan ke Mentawai beberapa hari lalu, BNPB juga telah menyerahkan bantuan secara simbolis berupa, 1 unit alat komunikasi sattelit mobile untuk lamtamal II Padang, 1 unit alat komunikasi satelit statis, 10 telepon satelit untuk masing-masing kecamatan, tenda 5 unit, flexibel tank 5 unit kapasitas 5.000 liter, makanan siap saji 500 paket, selimut 5.000 helai dan matras 5.000 unit.

Namun untuk aman saat terjadi gempa sesuai hasil kajian para pakar bencana di Mentawai, jika sudah ada gempa besar lebih dari 15 detik, segera cari tempat aman jangan tunggu serine atau yang lainnya, karena Mentawai amat dekat sumber bencana.

"Selamatkan badan dan keluarga, cari tempat ketinggian serta jauhi gelombang ombak yang menghempas di pantai," ... Baca halaman selanjutnya