Korban Meninggal Akibat Epidemi Flu di Lithuania Jadi 16 Orang

Ilustrasi
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Pusat untuk Penyakit Menular dan AIDS (ULAC) Lithuania mengkonfirasi 16 kematian akibat flu musim ini di tengah meningkatnya penyebaran epidemi flu.

Dalam 9 hari, jumlah kematian akibat flu meningkat dua kali lipat, mencapai 16 musim ini, mengumumkan ULAC. Mayoritas korban flu di Lithuania adalah orang lanjut usia dan tidak divaksinasi. "Vaksinasi untuk musim flu tertentu adalah pencegahan paling efektif," kata ULAC dalam pengumuman, Jumat (8/2).

baca juga: Trump Klaim Berhasil Redam Protes di AS

Tahun ini Lithuania menghadapi bentuk flu yang lebih berat dibandingkan dengan musim flu sebelumnya, kata para dokter. Dalam beberapa hari terakhir, penyebaran epidemi flu terus meningkat.

Pada hari Jumat, 31 dari 60 kota di Lithuania, sebuah negara Baltik kecil dengan populasi kurang dari 3 juta mengumumkan epidemi flu, menunjukkan data oleh ULAC. Epidemi flu juga meliputi ibu kota Vilnius.

baca juga: Mewabah Lagi di Kongo, Ebola Tak Kalah Bahaya dari Covid-19

Dilansir dari laman xinhua, selama minggu kelima tahun ini, intensitas flu telah mencapai 179 kasus per 10.000 penduduk, menurut ULAC. Epidemi flu diumumkan ketika jumlah kasus flu per 10.000 penduduk seminggu melebihi 100.

Penulis: Fitria Marlina