Buru Investor, Pemkab Pesisir Selatan Perbarui Data Luas Kebun Sawit

"Dengan perbaruan tersebut, pihaknya bisa memastikan produksi sawit"
Ilustrasi (Net)

PESISIR SELATAN, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Pesisir Selatan akan memperbaharui data luas kebun sawit yang ada di daerah itu guna menarik investasi di bidang perkebunan sektor Migas tersebut.

Kepala Distanhorbun Pesisir Selatan, Nuzirwan mengatakan, dengan perbaruan tersebut, pihaknya bisa memastikan produksi sawit di daerah tersebut.

"Karena ketersedian bahan baku, adalah salah satu langkah untuk meyakinkan. Karena tanpa bahan baku yang cukup, tentu sulit untuk berinvestasi," katanya.

Ia menjelaskan dari data tahun ke tahun, luas kebun kepala sawit terdata seluas 134 ribu hektare. Namun, jumlah tersebut belum bisa dipastikan, karena perlu diperbarui.

"Luas 134 ribu hektare itu, data tahun 2017, dan data kita (Distanhorbun) juga terdapat perbedaan. Makanya, perlu kita lakukan lagi pendataan ulang secara pasti," jelasnya.

Ia menyebutkan dari 134 ribu hektare yang terdata saat ini, 73 ribu hektare diantaranya merupakan lahan petani, dan 80 ribu hektarenya di kelola perusahaan. 

"Dan kesulitan kami adalah memastikan luas 80 ribu hektar ini karena sejauh ini belum ada kejelasan dari perusahaan yang ada," terangnya.

Ia juga melanjutkan untuk memastikan luas lahan sawit di daerah itu, pihak membutuhkan waktu untuk berkonsiliasi. Sebab, untuk memutakhirkan data tersebut, pihak butuh kerjasama semua pihak untuk menyamakan data.

"Petani, dan begitu juga untuk pihak pengelola seperti perusahaan. Karena kita butuh satu pandangan untuk ini," pungkasnya kemudian.

[Kiki Julnasri Priatama]