Pertama di Sumbar, Masyarakat di Agam Miliki ATM Beras

"Nantinya, seluruh masyarakat penerima bantuan akan mendapatkan kartu mesin tersebut,"
Bupati Agam saat meresmikan ATM beras (Finan for Klikpositif)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Masyarakat Jorong Pandam Gadang Ranggo Malai (PGRM) Nagari Gaduik Kecamatan Tilatang Kamang merilis mesin ATM Beras bagi masyarakat kurang mampu di daerah itu. Mesin tersebut bentuknya mirip dengan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik perbankan. Bedanya, ATM ini mengeluarkan beras.

Pemakaian ATM beras tersebut diresmikan oleh Bupati Agam Dr. Indra Catri, Minggu (10/2) di Masjid Taqwa Pandam Gadang. Turut hadir Pendiri ATM Beras, Budi Aji, Camat Tilatang Kamang Ade Harlien, Kadis Sosial Kurniawan Syahputra, pimpinan Forkopimca Tilatang Kamang, para walinagari dan tokoh masyarakat.

Saat ini, kata Budi, ATM beras ini baru pertama di Provinsi Sumbar dan dilahirkan sejak tahun 2014. ATM tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu berdasarkan data nagari sebanyak 45 KK.

"Nantinya, seluruh masyarakat penerima bantuan akan mendapatkan kartu mesin tersebut," ujarnya.

Adapun berasnya, kata Budi, merupakan hasil gotong-royong dan sumbangan seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat biasa, ASN maupun perantau yang berkeinginan untuk menginfakkan hartanya.

Beras tersebut diambilnya melalui mesin. "Jadi, setiap KK akan punya kartu khusus. Mereka bisa mengambil beras sesuai kebutuhan dan jumlah yang diatur oleh pengurus masjid. Misalkan, sebulan mendapat 15 Kg. Mereka bisa mengambil tiga kali, masing-masing pengambilan lima kilogram.

Selain itu, bila masyarakat tidak mengambil semua jatahnya, maka akan diakumulasikan di bulan berikutnya. Contohnya, bila jatah bulan ini ada sisa lima liter lagi, maka bulan berikutnya ditambah," terangnya.

Sementara itu, Mariani (63 tahun) salah seorang penerima kartu ATM beras, mengaku sangat terbantu dengan adanya beras perelek ini. Apalagi, dia bisa mendapatkan beras tersebut dengan cuma-cuma.

Terkait hal itu, Bupati Agam Dr. Indra Catri, mengapresiasi atas inovasi dan kepedulian masyarakat terhadap warga kurang mampu ... Baca halaman selanjutnya