KPU Pasaman Temukan 59 Kotak Suara Rusak

"Kotak suaranya sobek atau rusak sekitar 10 centimeter pada beberapa sudut dan ada juga yang terkelupas bagian atasnya"
Salah seorang staf KPU Pasaman saat mengecek kotak suara Pemilu 2019. (istimewa)

PASAMAN, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 59 kotak suara Pemilu 2019 ditemukan rusak oleh KPU Kabupaten Pasaman saat melakukan perakitan kotak suara. Kotak suaranya sobek atau rusak sekitar 10 centimeter pada beberapa sudut dan ada juga yang terkelupas bagian atasnya.

"Benar. Ada kotak suara yang rusak sekitar 59 kotak suara. Terkait dengan ini, telah kita komunikasikan juga ke Bawaslu Pasaman dan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi," kata Ketua KPU Pasaman, Rodi Andermi.

Penemuan kotak suara rusak itu saat tim merakit kotak suara. Kotak suara yang rusak tersebut sudah tidak bisa digunakan karena sobek.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman telah merampungkan perakitan kotak suara Pemilu 2019 sebanyak 4.638 kotak dari 4.697 kotak yang diterima dari KPU.

Menurut Rodi, perakitan kotak suara tersebut telah dimulai sejak awal Februari lalu dan merupakan salah satu persiapan logistik Pemilu tahun 2019.

Menurut Rodi, KPU Pasaman membutuhkan 4.711 kotak suara untuk Pemilu mendatang. Namun kotak suara tersebut masih kurang sebanyak 73 kotak suara lagi.

"Kita masih kekurangan 73 kotak suara, dari jumlah keseluruhan yang dibutuhkan sebanyak 4.711 kotak suara yang akan dibagikan ke seluruh TPS yang ada di Kabupaten Pasaman," jelasnya.

Kotak suara yang telah dirakit ini akan disebar ke 915 TPS yang ada di Pasaman dan setiap TPS masing-masingnya mendapat jatah lima kotak suara.

[Man St Pambangun]