Hari Ini, Pemko Sawahlunto Sampaikan 5 Ranperda ke DPRD

Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat menyampaikan Ranperda ke DPRD
Walikota Sawahlunto, Deri Asta saat menyampaikan Ranperda ke DPRD (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Sawahlunto menyampaikan 5 Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda ) Kota Sawahlunto tahun 2019. Dari 5 Ranperda tersebut, 3 diantaranya merupakan Ranperda baru, sementara 2 sisanya merupakan Ranperda perubahan.

Ranperda tersebut disampaikan oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta, dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto , di Gedung DPRD Kota Sawahlunto Senin 11 Februari 2019.

baca juga: ini Tanggapan Dewan Terhadap Lima Ranperda Usulan Pemkab Tanah Datar

Kelima Ranperda tersebut, yakni Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Sawahlunto 2019-2023, Ranperda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kota Sawahlunto tahun 2019-2023, Ranperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Sawahlunto Nomor 1 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Selanjutnya, Ranperda tentang perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 10 tahun 2004 tentang minuman keras, Ranperda tentang pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.

baca juga: Komisi III DPRD Kota Padang Sedang Siapkan Draft Ranperda Terkait Transportasi

Walikota Sawahlunto Deri Asta, dalam penjelasannya antara lain mengatakan,  Ranperda RPJMD merupakan terjemahan dari visi dan misinya untuk memimpin Sawahlunto dalam 5 tahun kedepan.

"RPJMD berisi rumusan dan penjabaran dari visi dan misi kami saat berkampanye bersama wakil walikota," katanya.

baca juga: HUT ke-131, Pemko Sawahlunto Gandeng Agen Perjalanan Wisata untuk Promosi World Heritage

Deri Asta melanjutkan, kemudian Ranperda rencana Induk pembangunan kepariwisataan, tujuannya agar pariwisata Sawahlunto lebih terarah sebagaimana yang diharapkan.

"Tentu tugas besar ini, kita harapkan selesai dengan baik serta tepat waktu dan butuh kerja sama seluruh pihak," ungkapnya.

baca juga: Bunga Bangkai Berukuran Raksasa Ditemukan di Sawahlunto

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sawahlunto , Adi Ikhtibar mengatakan, secara resmi nota Ranperda telah diterima oleh pihaknya, selanjutnya akan dibahas dalam rapat kerja.

"Rangkaian terkait dengan 5 pembahasan Ranperda Kota Sawahlunto tahun 2019 telah resmi kami terima. Kemudian, tahap selanjutnya penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi yang akan disampaikan dalam rapat paripurna DPRD pada 13 Februari 2019 mendatang," tutupnya.

[Muhamad Haikal]

Penulis: Ocky Anugrah Mahesa