Pembenahan Pariwisata Berdampak Positif Terhadap Hotel di Payakumbuh

"Pembinaan dari pemerintah daerah diperlukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap para tamu"
GM Hotel Mangkuto, Muhammad Hendra (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat Kampai)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Mulai dibenahinya beberapa objek wisata di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh-Sumbar secara perlahan mulai memberikan dampak positif terhadap usaha perhotelan di Kota Payakumbuh.

Salah satu hotel tertua di Kota Payakumbuh, yaitu Hotel Mangkuto mulai dipenuhi pengunjung, terutama pada hari-hari libur dan akhir pekan.

“Ya, dalam beberapa tahun belakangan ada peningkatan pengunjung terhadap Hotel Mangkuto. Untuk hari libur bahkan bokingan sudah penuh pada saat H-1,” kata General Manager Hotel Mangkuto, Muhammad Hendra, Senin 11 Februari 2019.

Dikatakannya, untuk tamu yang datang ke Hotel Mangkuto sebagian besar berasal dari Pekanbaru dengan tujuan mengunjungi objek wisata Lembah Harau.

“Sebagian juga ada yang datang untuk mengunjungi objek wisata di Kota Bukittinggi. Apalagi jarak Kota Payakumbuh dengan Bukittinggi tidak terlalu jauh dan hanya butuh waktu sekitar satu jam,” katanya.

Lebih lanjut, Hendra menyatakan sampai sejauh ini belum ada hotel berbintang di Payakumbuh dan Hotel Mangkuto sendiri statusnya masih hotel melati.

Dia juga berharap, untuk ke depannya akan ada pembinaan dari Pemko Payakumbuh terhadap pihak-pihak hotel. Diantara bentuk pembinaan yang diharapkan adalah adanya  pembicaraan terkait kalender event tahunan yang akan diselenggarakan Pemko Payakumbuh.

Menurut Hendra, pembinaan dari pemerintah daerah diperlukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap para tamu yang nantinya akan kembali menggunakan fasilitas hotel di Kota Batiah itu.

“Melalui rekomendasi tersebut tentunya kami bisa memperbaiki layanan juga. Apabila ada keluhan pengunjung yang disampaikan ke pihak Dinas Pariwisata, kami dari hotel tentu bisa meningkatkan layanan,” pungkasnya.

[Taufik Hidayat Kampai]