Gubernur Lantik Komisi Informasi Sumbar Periode 2019-2023

"Lima komisioner KI Sumbar itu adalah Adrian Tuswandi, Arfitriati, Arif Yumardi, Nofal Wiska dan Tanti Endang Lestari"
Pelantikan Komisioner KI Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno melantik komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar masa bhakti 2019-2023. Setelah melalui melewati tahap fit and propertest atau uji kelayakan maka terpilihlah lima komisioner KI Sumbar, yakni Adrian Tuswandi, selanjutnya, Arfitriati, Arif Yumardi, Nofal Wiska dan Tanti Endang Lestari.

"Untuk itu, kita berharap dengan telah dilantiknya lima orang komisioner ini, maka KI dapat menjalankan fungsi strategis mengawal lalu lintas informasi di Sumbar, termasuk berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan," ujar Irwan Prayitno, Senin 11 Februari 2019.

Sedangkan, Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat, Hendra J Kede menyebutkan, Komsioner KI harus paham tugas eksekutif dan yudikatif.

“Tugas eksekutif itu, bertanggung jawab untuk terlaksananya pemerintahan di seluruh sektor dengan prinsip keterbukaan informasi, yang terdiri dari tranparansi, aksesibilitas serta partisipasi masyarakat. Semuanya harus terwujud,” ujarnya.

Sedangkan Yudikatif, kata Hendra, komisioner harus menerima, memeriksa dan memutuskan sebuah perkara melalui proses ajudikasi di persidangan serta putusannya memiliki kekuatan hukum yang tetap.

“Saya berharap teman-teman betul-betul menggali nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat. Sehingga dapat memutuskan sengketa yang berkaitan dengan informasi publik secara adil,” jelasnya.

[Joni Abdul Kasir]