Simpanan Anggota Koperasi Balaikota Payakumbuh Meningkat Signifikan

"Ada peningkatakan simpanan anggota sebesar Rp242,1 juta dibandingkan 2017 lalu"
Ilustrasi (Net)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Simpanan anggota Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh terus bertumbuh. Sepanjang 2018 total simpanan anggota tercatat sebanyak Rp3,2 miliar, meningkat dibandingkan 2017 yang jumlah simpanan anggotanya di angka Rp2,7 miliar.

“Kalau  ditotalkan, ada peningkatakan simpanan anggota sebesar Rp242,1  juta dibandingkan 2017 lalu,” kata Ketua Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh Indra Sofyan, Senin 11 Februari 2019.

Total simpanan anggota koperasi selama 2018 itu terdiri dari simpanan pokok sebesar Rp7,9 juta, simpanan wajib  wajib sebesar Rp2,4 miliar, simpanan sukarela Rp96,4 juta, simpanan khusus Rp223,1 juta dan simpanan lebaran sebesar Rp205 juta.

Sementara untuk pinjaman Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh selama 2018 telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp 2,21 miliar kepada 87 anggota dengan nilai pinjaman yang berbeda-beda.

Dari total pinjaman itu mendatangkan pemasukan bagi  Koperasi Pegawai Balaikota Payakumbuh sebesar Rp629 juta yang bersumber dari jasa pinjaman, administrasi pinjaman dan asuransi pinjaman.

“Koperasi Pegawai Balaikota tidak hanya bergerak pada simpan pinjam saja melainkan ada pada bidang usaha, keuangan serta sosial,” ujarnya.

Bidang usaha koperasi Pegawai Balaikota terdiri dari unit usaha Warung Serba Ada (Waserda), unit usaha sewa kantin serta  foto copy  dan unit usaha pertokoan.

"Selama 2018, Waserda di Balaikota Payakumbuh itu mampu memberikan pemasukan sebesar Rp43,6 juta," kata dia.

Waserda yang memanfaatkan salah satu ruangan di Balaikota Bukik Sibaluik itu, menyediakan berbagai kebutuhan harian anggota.  "Termasuk penyaluran kredit  barang elektronik, furniture dan pulsa elektronik," pungkasnya kemudian.

[Taufik Hidayat Kampai]